5 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga untuk Nambah Uang Belanja

36

Menjadi seorang ibu rumah tangga merupakan tugas mulia yang sangat berarti. Mulai sejak pagi hingga menjelang, pasti banyak segudang kegiatan yang harus diselesaikan. Mulai dari mengurus sarapan anak dan suami, membersihkan rumah, memasak dan masih banyak lagi. Namun tak jarang saat suami dan anak pergi bekerja dan ke sekolah, ibu merasakan kesepian dan jenuh karena semua tugas sudah terselesaikan. Tidak ada salahnya, jika mencoba membuka usaha baru atau mengerjakan pekerjaan sampingan. Berikut referensi pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Yuk simak siapa tahu cocok bunda:

1Jualan Online

Jual beli online merupakan transaksi mudah dan simpel yang bisa dilakukan oleh semua orang, tanpa terbatas ruang dan waktu pastinya. Terlebih dengan fasilitas dan kecanggihan teknologi masa kini yang seakan memanjakan kita.

Jualan online merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dilakoni ibu rumah tangga, asal bisa membagi waktu antara mengurus pekerjaan rumah dan keluarga sudah barang kali bisa memanfaatkan sisa waktu untuk jualan online. Untuk pilihan barang yang dijual cukup bervariasi, mulai dari baju, sepatu, make up dan masih banyak lainnya.

2Membuka Usaha Kuliner Online

Jenis pekerjaan ini tidak jauh beda dengan jualan online, hanya saja sedikit membutuhkan ketelatenan mengolah bahan masakan menjadi sebuah produk yang diminati banyak orang dan fleksibel untuk dikirim dimana-mana.

Boleh banget, jika memang sudah hobi memasak dan menciptakan menu andalan yang bisa dijual online dan dibantu para kurir. Seperti membuat sambel dalam kemasan, kue kering, nasi boks dengan berbagai menu dan masih banyak lagi pastinya. Asal bisa membagi waktu ya bunda.

3Menjadi Penjahit

Sudah rahasia umum jika menjahit merupakan kegiatan yang cukup fleksibel, dan bisa dilakukan kapan saja. Jika bunda memiliki keahlian menjahit bahkan mendesain baju, sangat boleh menawarkan jasa kepada khalayak.

4Membuka Jasa MUA (Make up Artis)

Jika memiliki keahlian dalam bidang tata rias, boleh banget jenis usaha ini dibuka. Selain mengasah keterampilan, juga dapat menambah relasi pertemanan. Cara kerjanya cukup fleksibel ya bun. Tidak monoton setiap hari, dan customer bisa datang ke rumah.

5Menjadi Pengrajin Paper Flower

Sudah tidak asing di telinga kita jika mendengar jenis benda ini. Yaps, benda ini sering digunakan sebagai hiasan dinding dan spot foto dalam acara-acar tertentu. Seperti acara pertunangan, pernikahan, dan acara lainnya.

Selain bahan untuk membuatnya cukup mudah ditemukan di toko buku dan perlengkapan, cara membuatnya cukup mudah. Bunda cukup mengasah keterampilan dan keuletan dalam merangkai satu persatu kertas agar bisa mencari kelopak bunga yang indah. Cukup lihat tutorial di Youtube ya bun!