Outlander PHEV! Mobli genset Solusi Saat Listrik Padam

10

Kejadian matinya listrii di daerah Jabodetabek sejak hari Minggu, 5 Agustus 2019 siang hingga hari ini menyebabkan terkendalanya aktivitas warga. Meskipun sempat hidup kembali, namun hal ini tidak berlangsung lama karena listrik kembali mati.

Beberapa orang menggunakan mesin genset untuk memasok listrik. Namun ternyata selain mesin genset biasa, sebuah mobil keluaran Mitsubishi menjadi solusi lain dari matinya listrik. Mobil yang satu ini bisa digunakan layaknya sebuah mesin genset sehingga kamu dapat menikmati listrik dengan nyaman.

Mobil yang multi fungsi ini adalah Mitsubishi Outlander PHEV. Pasokan listrik yang kita dapatkan berasal dari teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang memang ditanam dalam mobil berbodi garang ini. Mitsubishi Outlander PHEV pertama kali dikenalkan dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Jakarta.

Mobil SUV yang canggih ini mampu mengalirkan daya listrik sekitar 1.500 watt. Irwansyah Siregar, Head of Technical Service & CS Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, “Memang bisa. Pada saat kondisi baterai penuh, mobil PHEV bisa dijadikan sumber tenaga seperti powerbank. Hanya saja ada batasan daya listrik yang bisa dialirkan yakni 1.500 watt.”

Cara mendapatkan aliran listrik dari mobil ini cukup mudah, yakni hanya perlu membuka bagasi dan colok peralatan listrik yang ingin diisi dayanya. Keunikan dari sumber daya ini adalah tidak dibutuhkannya konverter sehingga pengguna hanya perlu mencoloknya langsung. Ketika menggunakan colokan ini, mobil tidak diharuskan menyala. Namun pastikan bahwa baterai sudah dalam keadaan hidup.

Daya 1.500 watt ini sangat cukup untuk menhidupkan kulkas, kipas angin, lampu, dan mengisi daya ponsel. Namun untuk memaksimalkan penggunaan, sebaiknya dilakukan secara bergantian karena ditakutkan arus menjadi down akibat adanya batasan daya.

Untuk baterai Outlander PHEV ini memiliki kapasitan 13,8 kWh. Bagi kamu yang melakukan pengisian daya pada beberapa peralatan elektronik secara sekaligus seperti lampu, setrika, dan kulkas, maka seluruh peralatan tersebut dapat menyala hingga sekitar 9 jam. Namun kelebihan lain adalah bahan bakar mobil ini juga mampu menjadi cadangan listrik.

Kamu bisa mendapatkan aliran listrik selama 20 jam lebih jika bahan bakar Outlander PHEV dalam keadaan penuh. Tentu akan sangat membantu jika listrik padam dalam waktu yang lama seperti saat ini, bukan? Baterai yang memiliki daya tinggal 20% akan membuat mesin mobil menyala secara otomatis lalu mengisi daya baterai hingga 20 jam penuh.