Orang yang Berantakan Ternyata Lebih Kreatif dan Fleksibel, Ini Alasannya

81

Melakukan kegiatan bersih-bersih rumah atau ruangan dikenal karena efek positifnya bagi kesehatan. Misalnya, kegiatan ini dapat membantu menghilangkan stres dan dapat dianggap sebagai latihan untuk hidup lebih teratur. Namun ternyata suasana atau kondisi rumah yang kacau dan berantakan juga memiliki kelebihan. Dan itu dapat memiliki efek positif pada kepribadian kita.

Berikut ini ulasan tentang manfaat dan kelebihan dari menikmati kondisi yang kacau serta berantakan.

Ruangan yang berantakan dapat membantu seseorang keluar dari norma sosial dan memberikan kesan santai. Menurut sebuah studi di tahun 2013, orang-orang dapat menghasilkan ide-ide yang lebih kreatif ketika mereka berada di ruangan yang tidak rapi. Mereka siap mencoba hal-hal baru dan terbuka terhadap inovasi.

Mereka yang jarang sekali memiliki waktu lebih untuk membersihkan ruangannya ternyata lebih bisa bersantai, dan cenderung tidak memiliki sifat pemarah jika mendapati rumahnya dalam keadaan kotor atau berantakan.

Mereka yang tidak berkonsentrasi pada kebersihan bisa menghemat lebih banyak waktu. Orang-orang itu cenderung lebih bisa bersikap apa adanya, tidak berlebihan, dan tak perlu melakukan hal-hal lebih untuk bisa menarik perhatian orang lain padanya. Bagi orang-orang yang tidak terlalu perhatian pada kebersihan dan kerapihan, lebih mudah untuk menemukan apa yang mereka butuhkan dalam keadaan berantakan. Karena orang-orang tersebut tahu persis dimana letak barang-barang yang mereka perlukan tanpa harus membongkar semua isi lemari yang telah tersusun rapi.

Sedangkan bagi penyuka kebersihan dan kerapihan cenderung seseorang yang perfeksionis. Segalanya harus berjalan sesuai rencana, namun ketika terjadi hal-hal yang tak terduga, orang-orang ini sering kurang siap menghadapinya, gugup, kecewa dan marah yang berlebihan, bahkan bisa jadi depresi.

Namun bagi orang-orang yang tidak terlalu peduli pada kebersihan bukan berarti Anda bisa semaunya sendiri dan selalu berpenampilan tak rapi. Kebersihan, kerapihan, dan keteraturan tetap diperlukan dalam segala aspek kehidupan. Ada kalanya Anda harus membersihkan rumah, ruangan, dan meja kerja untuk menghindari kuman serta bakteri penyebab penyakit bersarang. Tentu saja bersihkan juga badan Anda.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda lebih suka keadaan yang tak rapi? Atau keadaan yang bersih dan rapi sempurna?