Olimpiade Basket 2020 : AS Bertabur Bintang NBA

23

Timnas AS yang dipimpin oleh pelatih San Antonio Spurs dan Gregg Popovich yang menggantikan pelatih Duke dan Mike Krzyzewski mulai mempersiapkan tim nya untuk olimpiade 2020.

Terdapat 44 pemain yang berlaga di ajang kompetisi basket paling bergengsi di dunia yaitu NBA mengikuti seleksi tim nasional. Didalamnya termasuk LeBron James, Kawhi Leonard dan James Harden berada diantara 44 nominator untuk mengisi 12 nama di tim bola basket putra AS tersebut.

Mereka mengumumkan para kandidatnya pada tanggal 10 Februari 2020. Diantara mereka termasuk sembilan anggota tim Olmpiade AS tahun 2016 dan tujuh nama eks tim Olimpiade 2012, kedua tim itu memenangi medali emas.

Daftar nama yang lolos seleksi akan segera diumumkan, sementara Olimpiade 2020 akan diadakan di Tokyo mulai 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Pertandingan final bola basket putra akan digelar pada tanggal 8 Agustus.

“Komitmen, keinginan, dan kegembiraan semua atlet kami untuk mewakili negara mereka sangat luar biasa,” kata Direktur Pelaksana Bola Basket AS Jerry Colangelo dalam sebuah pernyataan.

Ke-44 pemain yang ikut seleksi memiliki pengalaman di NBA. James peraih tiga medali olimpiade, memiliki pengalaman internasional terbanyak dengan memainkan 68 pertandingan.

“Selama sisa musim NBA kami akan terus memantau semua atlet,” kata Colangelo.

“Memilih daftar 12 nama pemain AS jelas merupakan proses yang sangat menantang dan sulit. Kami akan berusaha memilih tim terbaik yang akan mewakili negara kami dan diharapkan berhasil dalam misi sulit mengulang sebagai juara Olimpiade keempat berturut-turut,” sambungnya.

Tercatat, ada 12 negara akan bersaing di Olimpiade 2020. Hingga kini, tim yang memenuhi syarat adalah AS, tuan rumah Jepang, Argentina, Australia, Prancis, Iran, Nigeria, dan Spanyol.