Oli Untuk Mobil Tua, Oli Kental Atau Oli Encer? Cari Tahu Disini 

12

Saat ini kendaraan-kendaraan yang di produksi kebanyakan menggunakan oli encer. Sangat berbeda sekali dengan pembuatan kendaraan 20 tahun lalu yang menggunkan oli kental. Di anjurkan untuk kendaraan tua yang berumur kisaran 15 tahun sampai 20 tahun lalu lebih menggunakan oli kental. 

Menurut sumber dari oto.detik.com, untuk kendaraan tua lebih baik menggunakan oli 20W-50 yang memiliki tekstur oli yang kental. Dan ini sangat bagus untuk mobil tua keluaran tahun 2000’an jika mesin masih tetap bagus dan tidak mengeluarkan suara bising.  Jika mesin mengeluarkan suara bising, ganti dengan oli yang viskositasnya lebih tinggi yaitu 10W-60 yang memiliki tekstur oli lebih kental dari 20W-50. 

Kendaraan yang sudah tua tentunya memiliki resiko utama adalah mesin akan aus karena bertambahnya umur mobil, gap mesin yang membesar sehingga membutuhkan pelumas. Mobil tua tidak diwajibkan menggunakan oli encer karena akan menimbulkan bunyi bising dan tarikannya menjadi sangat kasar. 

Bicara soal teknologi tentunya seiring dengan perkembangan zaman penggunaan teknologi mesin juga memiliki perkembangan yang sangat maju. Tidak hanya pada handpone dan barang elektronik saja,teknologi mesin pada mobil dengan keluaran terbaru, tentunya akan sangat berbeda dengan mobil tua di tahun 2000’an.

Telah di bahas di atas, jika mobil anda termasuk mobil tua dengan umur 15 tahun atau sudah 20 tahun oli yang cocok adalah oli yang memiliki tekstur oli yang sangat kental. Sedangkan untuk mobil keluaran terbaru lebih menggunakan oli dengan tektstur yang lebih encer. Oli berfungsi untuk melumasi mesin agar kinerja mesin tetap optimal. Karena itu, untuk pemilihan oli tidak boleh sembarangan. Mesin mobil tua harus lebih diperhatikan dalam penggantian olinya dengan rutin. 

Dalam perawatan mobil tua selain penggantian oli juga harus di perhatikan. Untuk bagian cat nya, meskipun mobil anda tergolong mobil tua, mobil yang catnya di rawat dengan baik mobil akan tetap terlihat bagus. Radiator berfungsi sebagai pendingin suhu pada mesin mobil. Jika radiator sudah mulai bocor sebaiknya segera ganti dengan yang baru.  Jangan lupa juga untuk tune up mobil tua anda 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali agar tarikannya masih tetap stabil. 

Untuk memilih oli sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu karakter mesin pada mobil tua anda. Lalu pilihlah oli yang memiliki kekentalan yang tinggi. Setiap oli memang memiliki manfaat yang sama, hanya saja jika kandungan tidak sesuai dengan karakter mesin mobil tua, mesin tidak akan berjalan dengan optimal. Misalnya, jika mobil tua anda menggunakan oli encer, fungsi ini tidak akan memberikan keoptimalan pada mobil tua anda. Oli encer hanya di khususkan buat mobil keluaran terbaru.