NH Dini, Ibu Dari Kreator ‘Minions’ Meninggal Dunia

77

 

Dunia sastra kembali berduka. Sastrawan besar NH Dini yang dikenal sebagai Ibu dari creator ‘Minions’ meninggal dunia Selasa, 04/12/2018 pada pukul 16.00 WIB.

Kabarnya, Nh Dini meninggal dunia akibat kecelakaan. Peristiwa ini terjadi pada siang hari pukul 11.15 wil di  Tol Semarang Jalan Gombel . Menurut saksi mata, terjadinya kecelakaan disebabkan truk yang melaju di jalan menanjak tidak kuat untuk menahan pedal rem, dan berakibat mobil mundur dan mengenai mobil Nh Dini.

Sebelum meninggal dunia, beliau sempat dilarikan ke rumah sakit dan dirawat disana, namun sayang nyawanya tidak dapat tertolong.

Diduga truk yang menimpanya tersebut mengalami kerusakan dan berhenti sesaat di jalur utama. Lalu saat pengemudi akan melanjutkan perjalanannya, truk tidak bisa dikendalikan dan pada akhirnya truk berjalan mundur dan terjadilan kecelakaan dengan Kbm Toyota Avanza yang sedang melaju searah di belakangnya.

Sekilas tentang Ibu Nh Dini

Sastrawan besar ini lahir pada tanggal 29 Februari 1936. Sebagai penulis, beliau sudah meraih penghargaan SEA Write Award yang telah menilus lebih dari 20 buku hasil karyanya. Sebagian besar novelnya menceritakan kisah perempuan.

Sejak diluncurkannya film Despicable Me di tahun 2010 di layar bioskop, Nama Pierre Coffin muncul ke permukaan dan namanya disandingkan dengan kiprah Nh Dini yang ternyata merupakan putra pertama dari Nh Dini.

Sebelum menjadi seorang novelis, Nh Dini dikabarkan menikah dengan seorang pria yang memiliki kebangsaan prancis dan seorang diplomat yang bernama Yves Coffin. Nh Dini dan Yves Coffin menikah di jepang pada tahun 1956.

Sebagai seorang istri dari diplomat, Nh Dini diharuskan mengikuti dimana suaminya tinggal. Mereka hidup berpindah-pindah tempat mulai dari Jepang, Kamboja, Prancis, Filipina dan Amerika Serikat.

Dari pernikahan mereka, Nh Dini dan Yves Coffin dikaruniai seorang putra dan putri yang bernama Pierre-Louis Padang Coffin dan Maire-Claire Lintang Coffin. Diketahui bahwa putranya yang bernama Padang tinggal di Prancis dan memiliki kesibukan mengurus proyek-proyeknya bersama Hollywood. Sementara putrinya yang bernama Lintang diketahui menetap di Bandung, Jawa Barat.

Kemudian di tahun 1984 Nh Dini berpisah dengan Yves Coffin dan mendapatkan kembali kewarganegaraan Prancis melalui Pengadilan negeri Jakarta pada setahun berikutnya.

Kini Pierre-Louis Padang Coffin berusia 51 tahun. beliau awalnya adalah seorang animator lepas di Studio CGI Prancis Ex Machina. Pad atahun 2010, Pierre-Louis Padang Coffin dan Chris Renaund berkolaborasi dalam proyek film yang berjudul Despicable Me yang merupakan pesanan dari Universal Studios.

Kemudian setelah menjadi sutradara dari Despicable Me, keduanya juga turut menyutradarai film Minions pada tahun 2013.

Namun kini, Nh Dini telah meninggal dunia. Nh Dini dikenal sebagai sosok yang mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain, sehingga beberapa asetnya beliau jual sementara beliau memilih untuk tinggal di wisma.

Saat ini pihak keluarga Nh Dini masih menunggu kedatangan putri dari Nh Dini yakni Lintang yang kebetulan pada saat ini sedang ada tugas di Bandung. Sementara putra dari Nh Dini yakni Padang dikabarkan sedang berada di Prancis dan belum ada konfirmasi apakah akan datang hati ini.