Nabila Evandestiera : Atlet Senam Indonesia Pengukir Prestasi Di Jerman

9

Atlet senam Indonesia berhasil meraih kejuaraan emas di Diadem Cup Rhytmic Gymnastics Jerman. Atlet Indonesia yang bernama Nabila Evandestiera ini berhasil merebut medali Emas dan Perak pada kejuaraan tersebut.

Diadem Cup Rhytmic Gymnastics itu digelar pada tanggal 24-25 November 2018 yang bertempat di Berlin, Jerman. Pada perlombaan senam tersebut, Nabila Evandestiera menjadi satu-satunya peserta yang berasal dari luar Eropa yang mengikuti kejuaraan ini.

Nabila Evandestera ini berhasil meraih medali emas dari memenangkan perlombaan berkategori Apparatus Rhythmic Gymnastic. Sementara untuk medali perak yang diraih oleh Nabila Evandestiera ini diperoleh dari nomor Clubs Apparatus Rhythmic Gymnastics.

Pada perlombaan di Jerman, Nabila mengalahkan lawannya yang berasal dari Eropa yakni Bulgaria, Latvia, Jerman, Spanyol, Republik Ceko, Rusia, Brandenbug, Niedersachsen, Bayern, Bremen, Mecklenburg-Vorpommern dan Siprus.

Masyarakat Indonesia yang hadir pada kejuaraan tersebut memberikan dukungan penuh untuk Nabila Evandestiera di Hall 1 Olympiapark Berlin. Masyarakat Indonesia bangga atas prestasi gemilang yang didapatkan oleh Nabila, sorak sorai mereka memberikan dukungan untuk Nabila terbayarkan dengan medali emas yang telah diraih Nabila dan bentangan Bendera Merah Putih di tiang tertinggi kejuaraan.

Bagi Nabila Evandestiera, kesuksesan dicapai dari apa yang telah ia capai sebelumnya di SEA GAMES 2017. Pada saat itu, Nabila ini sendiri sudah meraih dua medali perunggu di nomor hoop apparatus dan ball apparatus.

Eko Pudjihariyanto Ketua Umum Persani DKI Jakarta yang mendampingi Nabila selama perlombaan mengatakan bahwa “Ini merupakan hasil dari kerja keras kami bersama. Jujur saja ini tidaklah mudah. Mengungguli lawan dari Eropa pada perlombaan asli Eropa ini merupakan sebuah prestasi gemilang yang sangat luar biasa dan patut disyukuri. Dan kami bangga bahwa ternyata kami bisa”.

Arif Havas Oegroseno selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman mengapresiasikan hal ini. Menurut Arif Havas Oegroseno Nabila Evandestiera bisa menjadi sebuah alat diplomasi.

Ariel Havas Oegroseno mengatakan “Saya turut bangga dan berterima kasih kepada Nabila karena telah menjadi bagian dari mesin diploasi. Keberhasilan ini dapat membantu misi KBRI untuk lebih mengenalkan Indonesia sebagai bangsa yang berprestasi di Eropa, Khususnya Jerman”.

Seperti halnya kejuaraan bulu tangkis, meskipun olahraga ini berasal dari Inggris namun kejuaraan Internasional juga sering dimenangkan oleh Negara di Asia termasuk Indonesia ini.

Keberhasilan yang diraih Nabila ini memberi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia bahwa untuk kedepannya dengan keberhasilan Nabila bisa menjadikan Indonesia menjadi ikon juara senam ritmik meskipun berasal dari eropa.

Atas prestasi Nabila mewakili bangsa Indonesia ini, panitia penyelenggara perlombaan ini berjanji akan mengundang Nabila kembali sebagai atlet pesenam dari Indonesia pada kejuaraan tahun depan yang akan digelar di Belanda.