MotoGP Siapkan Opsi Balapan Tanpa Penonton

13

Jakarta, 04 April 2020 Carmelo Ezpeleta yang juga dikenal dengan Bos Dorna menyampaikan bahwa bisa digelar balapan tanpa penonton demi selamatkan ajang MotoGP musim 2020. Opsi ini dikatakan oleh Ezpeleta selaku penyelenggara MotoGP  bisa diterapkan selama masa corona ini pada beberapa waktu yang akan datang.

Opsi yang disampaikan oleh Bos Dorna ini, menurutnya adalah salah satu langkah yang bisa diambil agar perhelatan MotoGP 2020 ini tetap bisa dilaksanakan. Penyelamatan penyelenggaraan balapan menurut Bos Dorna perlu dilakukan agar MotoGP masih bisa terus berjalan.

Pilihan untuk tidak memperbolehkan penonton menurut Bos Dorna bisa dianggap langkah efektif dalam upaya mencegah virus corona menyebar. Para penggemar masih bisa menonton balapan ini di layar televisi. Masyarakat tetap bisa menikmati indahnya balapan MotoGP 2020 ini dan mendapatkan hiburan dari dalam rumah.

Ezpeleta mengaku tetap melihat dan berusaha mengikuti kebijakan pihak berwenang dan sejauh ini timnya akan melihat apa saja kegiatan yang diperbolehkan untuk dilakukan dalam situasi sekarang ini. Bagi Ezpeleta, lebih baik menggelar ajang MotoGP musim 2020 tanpa penonton dibandingkan tidak menggelar ajang balapan sama sekali. Namun, jika dilihat dari segi ekonomi keputusan ini bisa saja berubah kembali.

Berdasarkan apa yang disebutkan oleh Ezpeleta, penundaan ataupun pembatalan ajang MotoGP musim 2020 ini tidak dilakukan secara sekaligus. Hingga saat ini perkembangan situasi terus dipantau oleh pihak MotoGP terkait kondisi pandemi corona ini dari hari ke hari.

Balapan Le Mans sudah ditunda, dan saat ini pihak MotoGP sedang melihat perkembangan situasi untuk balapan di Cataluya dan Mugello  yang merupakan seri berikutnya.

Jadi, seri balapan tidak ditunda secara sekaligus, namun akan terus dipantau bagaimana perkembangan untuk beberapa seri berikutnya. Mungkin para warga negara akan diperbolehkan kembali bekerja oleh pemerintah tetapi hal ini tentu berbeda dengan ajang balapan. Ezpeleta menyebutkan saat ini pihaknya fokus untuk menjaga tim agar bisa tetap hidup.

Sebelumnya, rencana ajang balapan MotoGP musim 2020 dimulai pada tanggal 8 Maret kemarin di Qatar. Namun karena wabah virus corona yang semakin meluas, dilakukan penundaan. Meskipun begitu, masih ada kesempatan untuk balapan berikutnya seiring melihat perkembangan situasi. Merupakan tindakan yang bagus, MotoGP tidak menunda semua ajang balapan sekaligus tetapi melihat perkembangan situasi pada setiap seri yang berlangsung.

Hingga saat ini sudah ada 6 seri MotoGP yang ditunda ataupun dibatalkan. Pertama seri MotoGP 2020 Qatar, kemudian Thailand, Argentina, Amerika Serikat, Perancis dan Spanyol.