Mobil Putih Kesayangan Mulai Kusam? Ini 4 Cara Membersihkan Cat Mobil Putih yang Menguning

14

Memiliki kendaraan roda empat meskipun sudah bertahun-tahun dipakai dan warna mobil masih kinclong tentunya akan enak sekali di pandang. Dan untuk nilai harga jual juga masih sangat bersahabat dan tentunya harus di pertimbangkan untuk nilai harga jual tinggi.

Terutama untuk kendaraan beroda empat berwarna putih. Warna putih sangat gampang sekali terkontaminasi berbagai macam kotoran, debu, dan sering terkena paparan sinar matahari. Jika dibiarkan saja akan mengakibatkan oksidasi warna, sehingga dapat merusak lapisan clear coat. Sedangkan warna akan menjadi kusam dan tidak mengkilap sehingga menjadi kekuningan.

Selain karena debu dan kotoran, mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung atau mencuci mobil pada saat mobil masih panas, hal tersebut bisa mengakibatkan warna mobil putih menjadi menguning.

Mengapa bisa menguning saat mencuci mobil masih panas?mobil yang panas akan meninggalkan water spot pada body mobil karena mobil yang panas cepat membuat air yang di siram menjadi kering sebelum di lap. Jika anda memiliki mobil putih dan terlihat menguning, berikut ini akan diberikan beberapa tips untuk memutihkannya kembali.

1.Cuci Mobil Di Tempat yang Teduh

Telah diterangkan diatas, cucilah mobil di tempat yang teduh. Jangan mencuci di bawah sinar matahari langsung. Mencuci mobil dibawah sinar matahari langsung akan berakibat mobil putih anda akan mudah berubah warna.

2. Gunakan Clay Bar

Setelah mobil dibersihkan anda bisa menggunakan clay bar yang dibantu dengan penyemprotan wax khusus mobil pada bagian yang menguning. Clay bar berfungsi untuk menghilangkan bagian-bagian warna yang menguning pada bagian body mobil.

3. Gunakan Polish

Setelah dibersihkan dengan clay bar, aplikasikan polish untuk lebih membuat warna putih menjadi lebih mengkilap.

4. Pilih Wax Mobil

Untuk pemilihan wax mobil, ada baiknya anda memilih wax khusus untuk warna mobil berwarna putih. Warna putih merupakan warna netral, dimana warna debu, kotoran, dan jamur akan terlihat lebih jelas pada bagian body mobil. Jika anda baru memiliki mobil berwarna putih, yang harus anda lakukan agar bisa mencegah warna cat mobil menjadi menguning yaitu :

  • Parkir mobil anda di tempat yang teduh, jangan di bawah sinar matahari. Hawa panas bisa menyebabkan warna berubah dan mobil akan cepat berkarat.
  • Rutin membersihkan mobil setelah memakai seharian karena debu dan kotoran jika dibiarkan terlalu lama akan membekas dan merusak warna.
  • Rajin menggunakan coating mobil yang memberikan warna tetap kinclong dan tidak berubah.

Perawatan mobil putih memang sedikit lebih rumit dan butuh biaya extra besar jika dibandingkan dengan mobil warna lain. Tapi, tips diatas memberikan solusi untuk anda yang memiliki mobil berwarna putih. Nah, sahabat dori semoga tips diatas dapat bermanfaat dan membantu kalian ya.