Meskipun Sederhana, Inilah 14 Manfaat Singkong Rebus bagi Kesehatan

13
Singkong Rebus yang Nikmat Sekaligus Sehat

Anda tentu mengetahui makanan asli Indonesia satu ini, singkong. Masyarakat Indonesia sendiri tidak hanya mengonsumsi nasi sebagai bahan pangan pokok, salah satu penggantinya adalah singkong. Secara ilmiah, singkong memiliki nama latin Manihot Utilissima.

Tanaman satu ini merupakan saah satu jenis tumbuhan perdu tahunan tropika dan subtropika. Di Indonesia sendiri, singkong memiliki banyak nama sebutan seperti ubi kayu, ketela pohon, dan pohong, dengan beragam manfaat mulai dari singkongnya itu sendiri hingga daunnya.

Singkong memiliki banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan, seperti mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin E, Folat, protein, serat, dan masih banyak lagi. Tentunya dengan beragam kandungan nutrisi tersebut, membuat singkong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat singkong setelah Anda rebus, jika Anda mengonsumsinya.

  1. Mengatasi kecanduan

Bagi Anda yang kesulitan untuk lepas dari kecanduan terhadap rokok dan alkohol, singkong rebus ini dapat membantu Anda.

  1. Menghilangkan mata panda

Kurang tidur dapat membuat Anda memiliki lingkaran hitam di sekitar mata, tentunya hal itu akan mengganggu penampilan Anda. Namun, Anda dapat menghilangkannya dengan mengonsumsi singkong rebus.

  1. Mengatasi rasa lelah

Karena kandungan kalori dan karbohidrat yang baik di dalamnya, singkong dapat membantu Anda menghilangkan rasa lelah.

  1. Mengatasi Alzheimer

Kesehatan jaringan otak yang mengalami penurunan sehingga menyebabkan penyakit jantung ini dapat diatasi dengan mengonsumsi singkong, yang memiliki kansungan vitamin K dan baik untuk penyakit yang sering muncul di masa tua. Meskipun ada beberapa kasus dengan kemunculan Alzheimer di usia muda.

  1. Mengatasi anemia

Singkong memiliki kandungan zat besi, thiamin, dan nutrisi lain yang akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki anemia. Selain itu, singkong rebus juga dapat mencegah terjadinya gejala anemia itu sendiri.

  1. Menstabilkan gula darah

Dengan mengonsumsi singkong rebus secara berkala, singkong akan membantu untuk menstabilkan gula darah Anda yang berlebihan ataupun rendah.

  1. Meredakan stres

Aroma serta rasa dari singkong rebus dapat membantu mengatasi stres yang Anda miliki, karena dapat menenangkan pikiran dan saraf Anda.

  1. Menjaga kesehatan mata

Dalam singkong, terkandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Anda juga tidak akan muda terserang berbagai macam penyakit, jika Anda mengonsumsinya secara berkala karena dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

  1. Meredakan asma

Bagi Anda yang memiliki riwayat asma, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi singkong rebus setiap pagi.

  1. Mencegah peradangan

Singkong rebus sangat efektif untuk membantu Anda mencegah peradangan, seperti radang tenggorokan dan radang lambung.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Bagi Anda yang sering mengalami gusi berdarah atau yang ingin memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari penyakit gigi, Anda dapat mengonsumsi singkong rebus ini sebagai pencegahan.

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat pada singkong akan membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Makanan satu ini dapat membantu mengatasi kesulitan BAB ataupun sembelit.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Singkong rebus sangat baik bagi Anda, untuk menjaga kesehatan jantung dan sebagai pencegah untuk Anda agar tidak terserang penyakit jantung yang mematikan.

Begitu beragam manfaat dari singkong ini jika Anda mengonsumsinya secara teratur. Makanan sederhana tapi memiliki khasiat yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan anda.