Mesin Mobil Cepat Panas Kalau Pakai Ac? Ini Dia Permasalahannya

11

Adakah di antara anda yang memiliki mobil pernah bermasalah dengan mesin cepat panas ketika ac hidup? Tentunya hal ini sering terjadi pada sebagian orang yang memiliki mobil. Tetapi, bagi yang belum pernah mengalami permasalahan ini anda harus tahu resiko apa yang nantinya bisa terjadi.

Overheat atau yang biasa sebagian orang kenal dengan mesin mobil yang cepat panas bisa beresiko terjadinya kecelakaan karena mesin yang cepat panas bisa menyebabkan mobil tiba-tiba berhenti. Dalam kinerjanya, saat ac mobil menyala dalam suhu tinggi tentunya beban mesin mobil menjadi menjadi meningkat. Dalam kinerjanya, pembakaran pada bahan bakar pun terus bekerja dan ini yang menyebabkan suhu ac dalam ruangan cepat naik.

Pembuatan mobil sekarang ini tentunya sudah dibekali dengan system pendingin khusus untuk ruang mesin agar suhu ruangan mesin tetap dingin. Tetapi, bagaimana jika mesin di dalam ruangan mobil tetap panas dan panasnya terus meningkat. Berikut ini penjelasannya

  • Kompresor

Kompresor adalah bagian dari mesin mobil yang memiliki peranan penting dalam kinerja ac mobil. Jika ac mobil dihidupkan otomatis kompresor juga bekerja. Jika suhu udara dalam ruangan mobil di naikkan otomatis kompresor akan menghasilkan panas yang berlebih.  Yang harus anda ingat adalah jangan mengganti kompresor mobil dengan kompresor yang lain. Hal tersebut bisa menyebabkan kinerja kompresor menjadi lebih berat dan cepat panas.

  • Kipas kurang optimal

Extra fan atau kipas tambahan yang sangat membantu suhu panas dalam mobil menjadi lebih stabil. Jika extra fan kurang optimal akan berakut mesin mobil menjadi panas dan akan memperburuk suhu dalam ruangan mesin.

  • Kisi Radiator kotor

Selain extra fan yang membantu suhu pada ruangan mesin mobil, radiator juga memiliki fungsi menurunkan suhu pada mobil. Tetapi, jika pada bagian kisi-kisi radiator kotor atau tersumbat oleh sesuatu, sehingga akan memberikan keluar masuk udara menjadi terhambat. Dengan begitu, suhu panas pada mesin mobil akan cepat meningkat.

Cara mengatasinya :

  • Periksa pada bagian radiator apakah terjadi kebocoran. Jika terjadi kebocoran segera ke bengkel mobil untuk memperbaikinya.
  • Periksa volume air pada radiator jangan sampai kosong. Isi radiator dengan air dan dalam keadaan penuh.
  • Jika sudah terjadi kerusakan pada extra fan, dan radiator segera perbaiki

Selalu rutin untuk periksa bagian-bagian terkecil yang tidak bisa terlihat, seperti kisi-kisi kondesor dan pada bagian kisi radiator agar jalur aliran udara dapat masuk dan keluar.

Bagaimana?apakah informasi ini dapat membantu anda dalam menangani permasalah mesin cepat panas karena ac di nyalakan?jangan menunda-nunda untuk memperbaikinya, Karena mesin yang tidak di rawat secara berkala akan malah memperburuk keadaan mobil anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu solusi anda.