Merasa Uang Bulananmu Keluar Sia-Sia, Lakukan 4 Langkah Ini agar Uangmu Lebih Menguntungkan

60

Setiap orang pasti setiap hari membelanjakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan, entah untuk kebutuhan pokok atau berbelanja barang-barang yang sudah lama diinginkan, tapi sering kali tidak sadar uangnya habis secara tiba-tiba karena digunakan untuk membeli hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Memang awalnya tidak sadar kalau uang kita diawal bulan masih banyak, namun berjalannya waktu sebelum akhir bulan uang yang disediakan untuk belanja harian sudah habis. Akhirnya rasa menyesal yang mendera diakhir karena merasa uangnya dikeluarkan sia-sia.

1. Lakukan list kebutuhan yang akan dipenuhi pada awal bulan

Sebenarnya melakukan list kebutuhan adalah persoalan yang sederhana, tapi seringkali terlupakan. Saat pergi ke supermarket untuk berbelanja bulanan, banyak barang-barang yang dijual dalam harga yang murah dan menggiurkan. Bahkan diskon besar-besaran sangat menggoda jika kesempatan itu tidak diambil. Dengan melakukan list pada barang-barang yang akan dibeli, kamu akan fokus pada kebutuhanmu saja dan tidak mudah terbujuk untuk membeli barang-barang lain.

2. Sisihkan sebagian uangmu untuk investasi

Setelah membuat list kebutuhan bulanan, coba untuk menempatkan uangmu untuk diinvestasikan. Saat ini banyak jenis-jenis investasi yang ada seperti saham, obligasi, reksadana, emas dan lainnya.  Jenis investasi tersebut menawarkan nominal yang minim semisal saham dan reksadana dengan hanya Rp. 100.000 kamu sudah bisa berinvestasi. Dengan berinvestasi setiap bulan, kamu sudah mempersiapkan masa depan karena akan memperoleh return.

3. Bagi sedikit uangmu untuk orang lain yang membutuhkan

Selain untuk memenuhi kebutuhan, uang yang kamu miliki sebaiknya juga sisihkan untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Misal kamu salurkan kepada korban bencana alam, anak-anak panti asuhan, bantuan pembangunan sekolah dan lain sebagainya. Berbagi kepada sesama memberikan kebahagiaan dan rasa peduli pada diri kamu. Akibatnya, kamu merasa uangmu bermanfaat.

4. Jika masih ada sisa uang, simpan untuk kebutuhan mendesak

Simpan uang sisa bulanan kamu untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak yang menyebabkan kamu harus keluar uang misalnya untuk biaya rumah sakit, bantuan konsultasi kesehatan dan pengacara. Dengan menyiapkan uang cadangan kamu tidak dibuat pusing saat kebutuhan mendesak itu datang.

Itulah 4 langkah yang bisa kamu coba agar uangmu tidak keluar sia-sia tapi bisa bermanfaat bahkan menguntungkan. Mengatur keuangan keluarga secara rapi akan membantumu menciptakan suasana keluarga yang harmonis dan tentram karena keuangan menjadi faktor fundamental dalam berumah tangga. Selamat mencoba!