Menulis Sebagai Alat Melawan Pikun

11

Selain membaca, menulis merupakan cara paling ampuh untuk melawan kelupaan atau kepikunan. Mengapa bisa demikian? Karena menulis sangat membantu dalam usaha mengembalikan ingatan.  Hal ini juga sangat terkait erat hubungannya dengan fungsi otak sebagai alat berpikir. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui manfaat besar dari hobi menulis ini.

Selayaknya jasmani manusia yang butuh asupan nutrisi dan olahraga, rohani yang butuh ibadah, otak pun butuh latihan agar mampu menghasilkan pikiran-pikiran positif. Seperti halnya pedang atau pisau yang akan tajam jika selalu diasah, otak pun demikian. Mengasah otak untuk terus berpikir dan melahirkan ide-ide positif, dan agar ide-ide positif terus diproduksi oleh otak, perlu adanya penyaluran ide tersebut,  salah satunya dengan menulis. Mengungkapkan apa yang dipikirkan dalam rangkaian kata demi kata yang tertuang dalam tulisan adalah bentuk usaha menjaga fungsi otak agar terus berpikir.

Otak manusia memiliki kapasitas yang terbatas dalam mengingat semua hal yang pernah terjadi. Faktor usia pun juga mengambil bagian dalam hal ini. Betapa tidak? Semakin tua usia, maka akan semakin lemah daya fungsi otak dalam mengingat hal-hal yang pernah dilalui. Untuk itu, kegiatan menulis sangat penting untuk membantu kerja otak dalam mengingat hal-hal yang menurut Anda penting yang terjadi di masa lalu. Dengan menulis, akan mengembalikan ingatan yang lalu dan membantu otak untuk kembali menjemput file-file lama dalam memori otak.

Cobalah renungkan, saat Anda membaca sebuah teks, di saat yang sama otak Anda akan bekerja untuk memproduksi file-file teks tersebut. Kemudian, tulislah beberapa bagian yang menurut Anda penting. Satu bulan kemudian, saat Anda membuka lagi catatan tersebut, maka otak Anda akan kembali membantu mengingat bahan bacaan itu.

Hal berbeda akan terjadi jika Anda tidak menuliskan apa yang Anda baca. Saat Anda membutuhkan informasi dari bacaan yang pernah Anda baca, Anda akan menemukan kesulitan untuk mengingatkan. Ini disebabkan Anda tidak menuliskan bahan bacaan yang pernah dibaca sebelumnya.

Saat Anda terlatih untuk menuangkan buah pikiran Anda melalui tulisan, maka akan sangat membantu Anda untuk terhindar dari kepikunan. Lihatlah sampai hari ini B.J Habibie masih memiliki pikiran yang tajam dan mampu mengingat hal-hal yang terjadi di masa lalu, karena selain sebagai cendikiawan, ilmuwan, beliau juga banyak menulis baik itu artikel maupun buku.

Menulis akan sangat membantu Anda untuk melawan lupa dan sangat banyak manfaat lainnya yang akan Anda rasakan dari kebiasaan menuliskan idea tau gagasan-gagasan Anda. Untuk itu, ayo menulis! Mulailah dari sekarang, tuliskan setiap ide-ide Anda!