Menuju Semifinal, Piala Dunia Dikuasai Negara Eropa!

60

Babak semifinal sudah didepan mata, ada yang unik di piala dunia 2018 tahun ini. Pada babak 8 besar hanya ada dua tim non Eropa yang berlaga di perempat final yakni Brazil dan Uruguay. Namun, setelah kedua negara tersebut dikalahkan masing masing lawannya yakni Belgia dan Prancis, habis sudah harapan wakil dari benua Amerika untuk memenangkan piala dunia tahun ini.

Timnas-Belgia-by-bolatimes-com
Kemenangan Timnas Belgia Terhadap Brazil
Sumber Gambar : Bolatimes.com

Pada babak semifinal nanti dapat dipastikan 4 besar diisi oleh negara negara Eropa. Keempat negara tersebut ialah Belgia, Perancis dan dua lainnya masih harus bertanding malam ini yakni Inggris melawan Swedia dan Rusia sang tuan rumah yang akan melawan Kroasia.

Sudah 3 kali penyelenggaran piala dunia terakhir, juara selalu berasal dari benua biru. Terakhir kali kemenangan negara non Eropa diraih oleh Brazil pada tahun 2002 ketika piala dunia digelar di Korea Selatan – Jepang.

Pada saat itu tim sepakbola negeri samba tersebut berhasil mengalahkan tim panser Jerman dengan skor 2-0. Sayangnya, Brazil tidak bisa menambah gelar juara mereka untuk yang keenam kalinya setelah harus berhenti di perempat final.

Ekspresi Timans Prancis
Sumber : deccanchronicle.com

Setelah Brazil memenangkan piala dunia tahun 2002, piala dunia selalu dimenangi oleh tim asal Eropa yakni Italia tahun 2006, Spanyol tahun 2010 setelah mengalahkan Belanda dan terakhir Jerman yang tahun ini harus berhenti di fase grup dan harus menelan kekalahan dari tim Asia, Korea Selatan 2-0. Jerman tak bisa mempertahankan gelar juara dunia mereka yang diraih pada tahun 2014 setelah mengalahkan Argentina 1-0.

Kegagalan bagi Brazil menambah rekor bagi mereka yang tidak bisa menuju ke partai puncak selama 4 kali penyelanggaraan piala dunia. Bahkan ketika piala dunia digelar di Brazil, tim samba harus bisa puas melaju sampai semifinal setelah langkahnya harus dihentikan oleh tim Jerman dengan skor menyakitkan 7-1.

Sementara bagi Belgia, piala dunia tahun ini dijadikan sebagai ajang pembuktian diri negara penghasil coklat tersebut. Terakhir kali mereka menembus semifinal ialah pada tahun 1986 ketika piala dunia diselenggarakan di Meksiko. Selama lebih dari 30 tahun tidak pernah menembus babak semifinal. Pemain belgia juga sangat berambisi untuk mengukir sejarah baru bagi sepakbola dunia.

Negara Eropa yang memastikan diri ke semifinal lainnya ialah tim besutan Didier Deschamps. Mereka berhasil mengalahkan juara piala dunia 2 kali Uruguay. Sampai saat in memang performa tim prancis memang cukup stabil. Mereka ingin membalas kekalahan mereka di Piala dunia tahun 2006 ketika melawan Italia.

Sang tuan rumah Rusia akan berhadapan dengan Kroasia pada malam ini. Setelah berhasil memulangkan Spanyol pada babak 16 besar lewat drama adu penalti. Rusia memang memiliki semangat yang tinggi apalagi dukungan luar biasa dari penduduknya yang akan menambah daya juang bagi Rusia.

Namun, lawan yang akan dihadapi bukanlah lawan yang mudah. Kroasia memiliki pemain yang lebih berkualitas dibanding pemain Rusia, ditambah Kroasia memiliki lini tengah yang kreatif dan susah untuk ditembus.

Tim eropa lainnya yang akan bertanding ialah Inggris melawan Swedia. Siapapun pemenang pada laga ini tim tim eropa sudah memastikan bahwa tim benua merekalah yang terbaik sampai saat ini.