Mengintip Film Susi Susanti, Sang Legend Bulu Tangkis Indonesia

17

Sebuah film biografi kembali diproduksi di tanah air. Kali ini mengambil tema perjalanan kehidupan dari legendaris bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti. Diproduseri oleh Daniel Mananta, film Susi Susanti Love All digarap dengan begitu detail.

Pemilihan karakter yang memainkan peran Susi Susanti pun dipilih dengan baik. Aktris Laura Basuki dipercaya oleh Daniel untuk memainkan peran Susi Susanti dalam film tersebut. Pemilihan ini tak terlepas dari kepiawaian Laura dalam menghayati perannya. Daniel menangkap aura Susi Susanti dalam diri Laura Basuki.

“Ada satu scene, dia enggak ngomong. Kami putarkan lagu Indonesia Raya dan saya melihat ekspresinya. Saya sampai mau menangis, merinding banget,” ujar Daniel. Laura sendiri menganggap scene tersebut sebagai scene yang paling berkesan.

Namun meskipun hanya akting, Laura Basuki benar-benar digembleng untuk memerankan atlet bulu tangkis ternama Indonesia ini. Ia bahkan mendapatkan latihan bulu tangkis secara langsung dari Sang Legenda, Susi Susanti.

Ia bahkan mendapatkan latihan selama enam jam penuh setiap harinya dari Senin hingga Jumat. Ia tak main-main dalam memainkan perannya. Bahkan ia ditemani oleh fisioterapis selama pelatihan. Ketika ia merasa lelah setelah berlatih, ia akan mendapatkan bantuan untuk melakukan peregangan sehingga otot-ototnya yang kaku bisa lebih rileks.

Meskipun terbilang berat, namun ia tampak sangat antusias mendalami karakter Susi Susanti. Hal yang menurutnya paling berat adalah menirukan gaya bermain bulu tangkis Susi Susanti. Gaya bermain Sang Legenda memang berbeda.

Laura Basuki sendiri mengakui bahwa ia sebenarnya tidak pernah tertarik dengan bulu tangkis. Namun sejak ia mendapatkan peran ini, ia pun jadi sangat tertarik dengan bulu tangkis, bahkan ia sangat rajin mengikuti berbagai pertandingan bulu tangkis.

“Pas main film ini ketagihan banget dan mengikuti pertandingan bulu tangkis terus, apalagi ganda putra,” jelasnya sambil tersenyum. Ia merasa begitu senang dengan pelatihan yang ia dapatkan karena selain berguna untuk aktingnya, latihan ini juga membuat badannya semakin bugar.

Film Susi Susanti Love All ini akan ditayangkan pada tanggal 29 Oktober 2019 mendatang secara serentak di seluruh bioskop Indonesia. Selain menampilkan Laura Basuki, film ini juga menggambarkan sosok sang suami, Alan Budikusuma yang pernah merebut medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992 yang diperankan oleh Dion Wiyoko.