Menggigil Tapi Tidak Demam, Ini Dia Penyebabnya!

31

Pernahkan kamu mengalami menggigil tapi tidak demam? hal tersebut biasanya terjadi oleh sebagian orang. Kamu tentunya bertanya-tanya mengapa badan menggigil tapi tidak tidak demam atau badan tidak panas. Normalnya jika badan demam tentunya suhu badan menjadi meningkat. Kita pun pasti berfikir apakah ada yang salah pada tubuh kita?

Badan bisa menggigil secara tiba-tiba tanpa demam ini dikarenakan metabolisme tubuh tidak fit atau tidak sehat. Biasanya badan menggigil di karena terdapat toksin yang masuk ke dalam tubuh. Atau di karenakan peningkatan suhu tubuh yang mengakibatkan badan menjadi panas.

Lalu, bagaimana dengan menggigil tapi badan tidak demam?

Pada umumnya jika badan menggigil badan pun ikut demam, tetapi banyak juga pertanyaan bagaimana jika badan menggigil tapi suhu badan normal? Banyak tentunya faktor-faktor yang bisa menyebabkan badan menggigil tapi tidak demam. Berikut ini penjelasannya.

Masa Menapouse atau hamil

Wanita yang sedang masa menapouse atau sedang hamil bisa juga mengalami tubuh menggigil tanpa demam. Saat sedang hamil dan juga pada masa menapouse, produksi hormon wanita menjadi tidak seimbang. Kadar Estrogen yang tinggi, yang bisa menyebabkan gejala menurunnya suhu tubuh, sehingga menyebabkan wanita yang sedang mengalami kondisi tersebut merasakan menggigil tapi tidak demam.

Jadi, dari ketidakseimbangan hormon estrogen inilah yang menyebabkan badan menggigil tetapi suhu badan tidak tinggi, malah menyebabkan penurunan suhu tubuh.

Konsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan memiliki efek samping yaitu menggigil tanpa demam. Ada baiknya sebelum anda mengkonsumsi obat konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Pola makan tidak teratur

Sebagian orang mungkin belum mengetahui jika pola makan tidak teratur ini bisa menyebabkan badan terasa menggigil walaupun badan tidak demam. Dari pola makan yang tidak teratur inilah yang membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang seharusnya sangat penting untuk anda yang melakukan aktivitas aktif di luar ruangan.

Gangguan Hormon Tiroid

Jika anda tengah mengalami kenaikan berat badan yang disebabkan hormone tiroid yang tidak seimbang. Penyebab tersebut bisa membuat tubuh anda menggigil tanp demam karena penuruan suhu tubuh yang menurun drastic yang disebabkan oleh hormone tiroid.

Tekanan Darah tidak optimal

Jika anda memiliki tekanan darah tinggi dan darah rendah, ini  bisa juga sebagai penyebab badan menggigil tanpa demam. Tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah, dimana keduanya ini tidak bisa dengan optimal menyuplai darah ke seluruh tubuh. Yang akhirnya, mengakibatkan penuruan suhu tubuh dan membuat badan menggigil.

Cara yang tepat untuk mengatasi tubuh menggigil tapi tidak menggigil adalah dengan minum air putih 8 gelas sehari, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan B12. Selain itu juga, yang harus di ingat jangan mengkonsumsi obat sembarangan. Dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan teratur dengan makan sehat, kekebalan tubuh menjadi lebih terjaga.