Mengenal Istilah Etimologi Dalam Kepercayaan Agama Hindu

55
Etimologi Agama Hindu

Setiap agama di dunia ini mempunyai berbagai macam etimologi didalamnya. Seperti diketahui etimologi berarti ilmu yang mempelajari tentang informasi yang ada sejak zaman dahulu dengan cara mempelajari asal-usul sesuatu kata yang berkaitan seperti asal usul sesuatu agama. Agama sendiri dalam bahasa sansekerta berarti mengarah pada sistem kepercayaan dalam Hinduisme dan juga Budhisme di negara India.

Pemaknaan seperti itu tidaklah salah karena dalam agama banyak sekali nilai-nilainya spiritual yang ada pada agama itu sendiri. Orang Bali memaknainya agama peraturan, tata cara dan upacara yang harus dipatuhi oleh semua umat Hindu. Sedangkan igama merupakan tata cara yang mengatur hubungan antara manusia dengan dewa-dewa. Sementara agama dipahami sebagai tata cara untuk mengatur hubungan antar umat manusia.

Agama Hindu adalah agama yang berasal dari sebuah agama yang berasal dari anak benua India yaitu tepatnya di tepi Sungai Shindu atau sering juga disebut sebagai sungai Indus. Agama ini sebenarnya baru saja terbentuk setelah tahun baru Masehi yang disempurnakan oleh brahmana sebagai Tuhan. Sebelum agama Hindu muncul masih ada beberapa bekas ajaran dari Weda. Hindu sebenarnya merupakan agama lanjutan yang berada di brahmanisme yang muncul dikalangan masyarakat indo Iran. Agama Hindu merupakan agama terbesar ketiga di dunia setelah Kristen, Islam dan Budha.

Ada beberapa tujuan agama Hindu seperti yang lebih dikenal dengan catur pursa artha. Didalam catur pursa Artha dibagi menjadi beberapa bagian Dharma, Artha, Kama dan Moksa. Dibawah ini ada beberapa penjelasan dari penjelasan dari bagian catur pursa Artha:

1. Dharma

Kewajiban berbagai hal yang berkaitan dengan duniawi seperti hukum, keadilan, tindakan benar, dan berbagai kualitas yang mendukung harmoni segala sesuatu. Selain itu Dharma menganut beberapa prinsip kehidupan seperti Kamarthau Lipsmanastu dharmam eweditaccaret, na hi dhammadapetyarthah kamo vapi kadacana. Yang berarti pada hakekatnya artha dan kama dituntut, maka hendaknyalah dharma dilakukan terlebih dahulu.

2. Artha

Tujuan agama Hindu selanjutnya adalah Artha. Disini umat Hindu disuruh untuk melaksanakan kewajiban untuk dapat mencari kehidupan berupa uang. Disamping itu, umat Hindu diperintahkan untuk dapat bekerja berpolitik, memelihara kesehatan, dan mencari kesejahteraan materi.

3. Kama

Dalam ajaran Hindu manusia disuruh untuk bisa menikmati kehidupan yang ada pada dirinya. Hal ini tertuang pada tujuan hidup umat Hindu yaitu kama yang berarti kita harus mempunyai hasrat keinginan, gairah, kemauan, dan kenikmatan panca indra dan kasih sayang terhadap sesama.

Demikianlah penjelasan tentang 3 bagian catur pursa artha dalam kepercayaan agama hindu. Semoga bermanfaat.