Mengalami Bau Kaki? Ini Dia 4 Cara Mudah Merawat Sepatu Biar Nggak Bau Kaki!

11
Air-Jordan-XXXII-Low-2

Sepatu merupakan salah satu alas kaki yang memiliki fungsi melindungi kaki dari pecahan beling ataupun benda tajam lainnya. Selain itu, beberapa orang memilih sepatu sebagai penunjang penampilan agar terlihat semakin eksis dan elegan.

Beberapa orang bahkan ada yang mempunyai kebiasaan mengkoleksi sepatu dengan beragam versi dari yang formal sampai yang kasual. Dari harga ratusan ribu hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Wah mantul nggak tuh ?

Namun dibalik penggunaan sepatu, kita sendiri masih saja belum tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar dan baik. Bener nggak? Nah kira-kira kamu sudah tau belum caranya merawat sepatu dengan baik dan benar? Kalau belum tahu, yuk coba simak ulasan berikut.

1.Mencuci Dengan Cara yang Benar

Untuk mencuci sepatu kamu cukup menggunakan air dingin tanpa perlu menggunakan air hangat atau air panas. Kemudian kamu bisa menggunakan sabun cair sebagai pembersihnya. Oh iya satu lagi yang harus kamu tahu, cukup sikat bagian yang kotor pada sepatunya.

Bukan keseluruhan, karena biasanya hanya beberapa bagian saja yang kotor. Penting juga harus kamu tahu, kamu nggak perlu mencuci sepatu dengan mesin cuci. Cukup gunakan tangan aja ya guys.

2. Gunakan Teh Celup Untuk Menghilangkan Bau Kaki

Siapa yang hampir setiap harinya menggunakan sepatu dalam beraktivitas? Ayo acungkan tangannya. Buat kamu yang hampir setiap harinya, menggunakan sepatu. Ada baiknya ketika kamu sudah selesai menggunakannya, kamu letakkan bekas teh celup yang sudah terpakai di dalam sepatu selama semalaman.

Tujuannya sendiri sih, untuk menghilangkan aroma yang kurang sedap yang ada di sepatu. Oh iya, selain bekas celupan teh, kamu bisa kok gunakan beberapa daun lainnya yang memiliki aroma segar, seperti daun pandan atau daun jeruk.

3. Jangan Menggunakan Sepatu Ketika Kakimu Basah

Punya kebiasaan menggunakan sepatu saat kakimu masih basah? Ada baiknya kamu hindari kebiasaan yang satu ini. Selain menjaga fungsi sepatu itu sendiri. Menggunakan sepatu dengan kondisi kaki yang basah justru mengundang aroma yang tidak sedap di kaki dan mengundang beberapa jamur yang dapat mengganggu kesehatan kaki.

Jadi alangkah baiknya kamu keringkan terlebih dahulu kakimu sebelum menggunakan sepatu ya guys. Nggak butuh waktu lama juga kan untuk mengeringkan kaki ?

4. Jangan Meletakkan Kaos Kaki Didalam Sepatu

Nah ini kebiasaan yang sering banget kita lakukan dengan sadar. Bener nggak? Kebiasaan kita setelah beraktivitas diluar kemudian meletakkan kaos kaki di dalam sepatu. Akibatnya apa? Sepatu nggak bisa nafas dan tentunya menimbun aroma yang kurang sedap.

Kalau saja sepatu punya mulut dan bisa ngomong, mungkin dia akan meronta-ronta karena perbuatanmu itu. Bahkan kalaupun dia mempunyai tangan, ia akan mengeluarkan kaos kaki dari tubuhnya.

Nah itu dia teman-teman cara merawat sepatu yang benar. Sulit? Nggak kok, sebenarnya mudah banget. Cuma kadang kita aja yang suka lupa, males dan sering menganggap itu sepele dan akhirnya diabaikan. Bener nggak?

Tapi kamu harus tau juga nih teman ternyata hal kecil itu dampaknya besar banget loh untuk hidup kita. Yuk mulai sekarang kita biasakan kebiasaan kecil yang sering kita anggap sepele.