Membuat Piscok Selimut

11

Piscok merupakan singkatan uang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Piscok kepanjangan dari pisang coklat. Sebuah perpaduan penganan dengan dua rasa unik yang banyak diminati oleh banyak orang. Piscok identik dengan isian atau rasa dari kue, roti maupun kue kering. Pisang merupakan buah yang mudah dijumpai di negara kita Indonesia.

Sangat mudah didapatkan mulai dari supermarket hingga pasar buah maupun pasar tradisional. Coklat merupakan produk olahan dari buah kakao yang rasanya disukai mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Dari perpaduan dua makanan yang unik tersebut saya mencoba membuat olahan yang simpel sederhana dan bisa dibuat oleh siapa saja meski orang yang tidak biasa memasak sekalipun. Dengan kata lain resep ini anti gagal.

Pertama-tama kita siapkan pisang (saya memakai pisang kepok). Jika ukuran pisang terlalu besar bisa dipotong sesuai dengan selera kita. Kemudian kukus pisang kepok selama kurang lebih 10 menit atau jangan sampai lembek. Siapkan coklat blok, iris atau sisir kecil-kecil supaya mudah dimasukkan dan dilipat dengan selimutnya bersama pisang yang telah dikukus tadi.

Kedua, buat adonan selimutnya. Membuat adonan kulit lumpianya sama demgan membuat adonan kulit lumpia. Bahannya adalah terigu, telur, mentega, gula dan garam (agar selimut tidak hambar). Campur semua bahan hingga adonan tidak menggumpal dan lekat seperti kental manis. Cetak tipis-tipis dengan memakai teflon, dan diusahakan tidak robek atau berlubang. Tunggu hingga dingin.

Detelah itu susun pisang dan coklat dalam kulit yang sudah dicetak tadi, kemudian lipat serspi mungkin hingga tidak ada bagian terbuka. Setelah itu piscok selimut bisa digoreng atau dipanggang dengan mentega. Tunggu hingga berubah warna kecoklatan. Nikmati selagi hangat agar kita bisa menikmati lelehan coklat yang dipanaskan tadi.

Jika ingin lebih simpel dan tidak repot, selimut piscok dari kulit lumpia tadi kita ganti dengan roti tawar yang dipipihkan kemudian diteruskan seperti cara diatas. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Semoga bermanfaat.