Membanggakan, Kabupaten Banggai Raih Piala Adipura Kedua Kalinya

46

Tidak banyak bicara, tapi banyak bekerja. Begitulah prinsip dalam bekerja dari Bupati Kabupaten Banggai, Herwin Yatim. Lewat bukti. Melalui prestasi, hasil kerjanya sebagai kepala daerah diperlihatkan. Sudah seharusnya memang seorang pemimpin begitu. Bukan kata bombastis. Tapi bukti kerja yang lebih penting.

Karena seorang pemimpin dicatat dan diingat oleh rakyatnya, lewat torehan hasil kerjanya. Bukan dari bagus tidaknya pernyataan. Baru-baru ini, Kabupaten Banggai kembali menoreh prestasi. Kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Tengah ini, kembali dapat penghargaan bergengsi Piala Adipura.

Yang membanggakan penghargaan bergengsi di bidang lingkungan perkotaan ini, diraih dalam kurun dua tahun berturut-turut. Pada bulan Agustus 2018, Banggai meraih Piala Adipura. Dan tahun ini, Piala Adipura kembali diraih. Bupati Banggai, Herwin Yatim mengungkapkan kebanggaannya. Menurut dia, diraihnya Piala Adipura untuk keduanya kali merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Banggai.

Kata dia, Piala Adipura yang didapat dua tahun berturut-turut adalah buah kerja keras seluruh jajaran aparatur pemerintahan di Banggai, dari atas sampai bawah. Dan penghargaan Piala Adipura yang diraih juga berkat dukungan seluruh masyarakat Banggai. Karena tanpa dukungan masyarakat, Piala Adipura tak mungkin mampir di Banggai. Bahkan dalam dua tahun berturut-turut.

Rencananya Piala Adipura yang kedua akan diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada hari Senin, 14 Januari 2019 di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Jakarta.

“Alhamdulillah perjuangan kita bisa diwujudkan. Kabupaten Banggai kembali meraih Piala Adipura. Sujud syukur dan saya juga sangat berterima kasih atas kerja yang kompak dari semua pihak, mulai dari Pak Wakil Bupati, Forkompinda, Sekab, asisten, staf ahli, Satker BUMD dan BUMN, Timpro, para Kabag, para kepala dinas, instansi vertikal, dan seluruh jajaran ASN di Kabupaten Banggai dan tentunya kepada seluruh  masyarakat di Kabupaten Banggai,” tuturnya. 

Herwin menambahkan, bagaimana pun pembangunan yang dilaksanakan harus tetap seimbang. Mesti memperhatikan daya dukung lingkungan hidup. Sehingga  pembangunan di Bangga tetap berkelanjutan. “Karena pembangunan itu tak hanya bersifat jangka pendek, tapi harus jangka panjang. Hasil pembangunan tak hanya  dinikmati oleh kita saat ini, tapi kita juga punya kewajiban mewariskan pada anak cucu kita lingkungan hidup yang tetap terjaga. Karena itu modal kita membangun,” katanya. 

Torehan prestasi tak hanya Adipura, kata Herwin. Selama ia memimpin Banggai, puluhan penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional di berbagai bidang, mulai dari bidang infrastruktur, kesehatan sampai pangan diraihnya. Baginya, sederet penghargaan yang diraih adalah bukti pengakuan terhadap kinerja seluruh aparatur di Kabupaten Banggai. Sekaligus bukti, bahwa akselerasi pembangunan di Kabupaten Banggai menuai hasil. Tentu, dengan diraihnya penghargaan semacam Piala Adipura, tak lantas semuanya puas diri. Namun ini jadi pelecut semangat untuk bekerja lebih baik lagi.

” Ini jadi motivasi, pembangkit semangat bagi kami untuk bekerja melayani masyarakat lebih baik lagi,” kata Herwin.