Membahas Mesin Yamaha MotoGP 2019, Apa Tanggapan Valentino Rossi?

10

Valentino Rossi yang terkenal sebagai pembalap Movistar Yamaha ini sebenarnya tidak ingin mendesak tim nya untuk menentukan mesin mana yang akan digunakannya pada gelaran MotoGP 2019. Pembalap movistar tersebut mengaku dirinya siap menunggu hingga pengujian di Malaysia berlangsung pada bulan Februari mendatang.

Valentino Rossi berkata timnya tidak bisa membuat pilihan dari apa yang kita miliki saat ini. Dan Rossi tidak tahu apa rencana Yamaha dan apakah mereka telah merencanakan tahap pengembangan yang lain atau belum merencanakan apapun.

Valentino Rossi yang dijuluki The Doctor itu menganggap mesinnya tidak jauh berbeda dengan mesin yang pernah ia gunakan pada musim ini. Rossi juga menambahkan bahwa masalah yang harus dipikirkan tim Yamaha adalah bagian ban.

Insinyur dan mekanik seharusnya lebih berhati-hati dalam melihat data. Jika mereka perhatikan, maka mereka akan mengetahui bahwa kehausan ban itu terjadi ketika sudah melalui empat atau lima lap. Sehingga ini menjadi faktor yang paling krusial dari kegagalannya pada MotoGP musim ini.

Valentino Rossi mengatakan bahwa insinyur harus segera memutuskan bagaimana cara memecahkan masalah ini.

Selama menjalani arena sirkuit MotoGP di musim ini. Dari 18 balapan yang telah ia jalani pada sirkuit Silverstone, tidak satupun Valentino Rossi berhasil berdiri gagah di podium pertama.

Saat ini total sudah 28 balapan yang dilewati kemenangannya oleh pembalap movistar ini. Dan pada Juni lalu, kekasih Francesce Sofia Novello memenangkan balapan di MotoGP Assen.

Hasil pendeskripsian Valentino Rossi dari dua hari tes di Jerez cukup bernilai positif. Kecepatan motornya meningkat dan rekan tim Rossi, Maverick Vinales juga sudah sepakah mengenai performa mesin yang lebih baik.

Hasil tes hari pertama di Jerez, Valentino Rossi hanya menempati posisi ke-17. Sementara pada hari kedua, performanya membaik karena posisinya meningkat menjadi ke-11 dengan menembus posisi ketiga.

Valentino Rossi mengatakan dari dua mesin yang sudah dicobanya, tim dengan mudah membuat keputusan. Pada hari ini tim bekerja dengan hasil yang lebih baik. Disini timnya menunjukkan peningkatan pada kecepatan khususnya.

Akan tetapi, menurut Rossi, tim masih harus meningkatkan lagi untuk performa yang baik. Tim harus berusaha lebih kompetitif, terlebih saat menghadapi Ducati, Honda dan Suzuki. Lalu Rossi berharap Yamaha bisa terus bekerja dan menghasilkan sesuatu yang baik pada Februari mendatang.

Hasil peningkatan performa mesinnya juga dikatakan belum cukup bagi pembalap movistar ini. Rossi mengira Ducati, Honda dan Suzuki performanya terlihat sangat menjanjikan dengan motor barunya. Valentino Rossi menganggap Yamaha perlu membenahi semua areanya.

Valentino Rossi mengatakan bahwa dirinya dan timnya selalu mengalami kesulitan dengan grip saat akselerasi. Rossi berharap timnya terus berusaha lebih keras untuk MotoGP musim depan.