Mau Pulang Kampung? Ini Dia Tips Agar Pulang Kampung Tidak Bokek

6

Lebaran memang sangat identik dengan pulang kampung bagi perantauan. Ini dilakukan untuk mengunjungi orang tua atau memperkuat tali silaturrahmi. Sebelum memutuskan untuk pulang ke kampung halaman, pasti sudah banyak sekali perencanaan yang terpikirkan.

Terkadang, untuk kembali ke kampung halaman akan menguras banyak uang. Sehingga, kebanyakan perantau kembali dengan keadaan keuangan yang sedikit memprihatinkan. Lalu, bagaimana caranya agar pulang kampung tidak bokek? Beberapa tips berikut dapat diterapkan untuk mengantisipasi keadaan bokek sepulang dari kampung halaman.

1. Anggaran dan Tabungan yang Harus Seimbang

Terkadang, borosnya pengeluaran hingga menyebabkan kantong menjerit disebabkan oleh tidak adanya perencanaan keuangan. Tanpa disadari, “lapar mata” bisa membuat Anda khilaf dalam mengelola keuangan. Lalu, apa yang harus dilakukan jika begini? Jurus jitunya adalah Anda harus menetapkan anggaran agar semua hal yang direncanakan ketika pulang kampung dapat terwujud.

Anggarkan apa saja hal yang dianggap penting selama berada di kampung halaman. Ingatlah bahwa tidak perlu mengikuti tren pulang kampung kebanyakan seperti membawa oleh-oleh kekinian dan sebagainya.

Jika anggaran dianggap terlalu besar dari pada pemasukan Anda, usahakan untuk menabung sejak jauh hari sebelum keberangkatan ke kampung halaman. Semoga hal tersebut dapat mengatasi masalah keuangan Anda.

2. Cobalah Untuk Bisa “Memanfaatkan Keadaan”

Ini adalah hal yang terkesan jahat secara literal. Namun, hal tersebut dirasa wajar untuk mengantisipasi keadaan keuangan Anda. Beberapa keadaan tersebut bisa dilihat dari berbagai promo yang berlaku seperti promo baju, diskon baju di mall, tiket pesawat, tiket kereta api, tiket transportasi lainnya, buy one get one free dan lain sebagainya. Intinya adalah jangan malu untuk berburu promo dan gratisan lainnya ya…

3. Selalu Up To Date Dengan Promo

Sama seperti poin sebelumnya, hal ini juga dianggap penting agar Anda selalu mendapatkan promo-promo terbaik. Itulah sebabnya Anda harus rutin mengecek beragam start up yang giat memberikan promo.

Agar mendapatkan promo tersebut, Anda harus rajin mengerahkan tenaga untuk selalu melakukan browsing ria di internet. Rajin bertanya juga akan mendukung Anda untuk tidak ketinggalan promo.

4. Jangan Lupa Untuk Menerapkan Skala Prioritas

Tidak perlu dipungkiri bahwa Anda pasti ingin membawa segala hal yang ada di perantauan ke kampung halaman. Misalnya saja, membawa pakaian yang sedang trend, souvenir unik, makanan khas dari daerah perantauan, dan lainnya.

Bahkan, ini itu pun pasti ingin dibeli untuk menyenangkan hati mereka yang berada di kampung halaman. Itu boleh saja dilakukan, akan tetapi jangan lupa menyortir apa saja hal-hal yang benar-benar penting untuk ditunaikan.

Jika Anda kebingungan, berlakukanlah sistem skala prioritas agar memudahkan Anda dalam menemukan apa yang harus dibeli dan apa yang hanya menjadi obsesi. Ya, skala prioritas akan membantu Anda memperoleh kepentingan dan terhindar dari keinginan sesaat.

5. Siasati Sebelum Waktunya Tiba

Ini adalah poin yang paling penting agar pulang kampung tidak bokek. Mulai dari hal yang paling utama adalah merancang rencana. Jika rencana pulang kampung sudah Anda tetapkan, itu artinya Anda harus bersiap untuk segala hal yang berkaitan dengan pulang kampung.

Pertimbangkan segala keadaan keuangan dan keadaan fisik sebelum memutuskan untuk kembali ke kampung halaman. Secara gamblangnya Anda harus menyiasati momen pulang kampung sebelum tiba waktunya.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat diterapkan agar tidak bokek sepulang dari kampung halaman. Cara tersebut setidaknya dapat mengantisipasi keadaan keuangan Anda. Selamat mudi, semoga selamat sampai di kampung halaman tercinta.