Mau Nikah Muda? Coba Baca 2 Hal Penting Ini Dulu Yuk!

20

Menikah muda menjadi trending kekinian di era millenial atau kamu muda kekinian. Entah siapa yang mencetuskan topik tersebut. Namun, topik ini cukup menjadi perbincangan bagi khalayak ramai terutama di kalangan remaja.

Menikah memiliki arti suatu ikatan suci yang dilakukan antara seorang laki-laki dan perempuan untuk membangun bahtera rumah tangga yang telah disepakati keduanya (laki-laki dan perempuan). Hakikat menikah, bukan hanya sekedar saling mencintai antara dua orang saja.

Namun, hakikat menikah yang sesungguhnya adalah saling mendewasakan diri dengan memahami tanggungjawab yang akan dibebankan kepada keduanya, yaitu hak dan kewajiban yang harus dipikul dan diemban keduanya. Tak berhenti disitu saja, menikah juga menyatukan dua kelompok yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh.

Beberapa pemberitaan di media massa saja misalnya, kasus nikah muda yang akhirnya berujung pada perceraian menjadi masalah baru dalam masyarakat kita. Penyebabnya apalagi, kalau bukan kurangnya kesiapan mental, ekonomi, dan beberapa masalah lainnya yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan jalan yang baik. Kalau sudah terjadi seperti ini (perceraian), siapa yang mau disalahkan ?

Untuk kaum muda-mudi yang mau mengikuti sunnah Rasul dengan cara menikah, sebaiknya beberapa hal ini menjadi pertimbangan kalian sebelum membangun bahtera rumah tangga.

1. Kesiapan Mental

Kesiapan mental menjadi hal yang sangat utama dalam membangun rumah tangga, seperti:mampu mengendalikan emosi, mengetahui hak kewajiban satu sama lain dan beberapa hal lainnya.

Jangan sekarang bilang ‘iya udah paham kok, udah tahu. Lagi juga kita udah dewasa’. Waspada itu juga perlu guys, bukan maksud menggurui tapi apa salahnya kalau kita lebih bersikap hati-hati.

2. Kesiapan Ekonomi

Beberapa kasus terakhir pemberitaan di media, kasus perceraian terjadi karena masalah ekonomi. Ekonomi menjadi hal yang penting juga dalam membangun rumah tangga, karena selepas menikah nanti masalah keuangan akan diurus oleh kalian (suami-istri) sendiri.

Bukan lagi campur tangan kedua orangtua. Ingat selepas menikah, kalian akan belajar sendiri bagaimana membangun rumah tangga sesuai komitmen yang sudah kalian buat sebelumnya.

Bagaimana apakah kamu sudah siap untuk menikah muda ? Ingat ya, menikah bukan ajang balapan atau perlombaan, bukan ajang mengubah status, bukan ajang pamer atau hal lainnya.

Menikah adalah salah satu ibadah dan merupakan kesunnahan yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dikerjakan sekali seumur hidup. Namun, sebelum menjalani ibadah tersebut. Kita juga perlu melakukan persiapan dengan berbagai pertimbangan yang tentunya matang, dan bukan asal-asalan yang misalnya kita saling suka dan cocok kemudian ‘yuk besok langsung nikah’.