Mau Membentuk Band? Ini 8 Tips Mudah agar Band Kamu Terkenal

82

Membentuk sebuah band tentunya menjadi hal yang mengasyikan bagi sebagian orang. Terutama para anak muda, mereka rela membuang banyak waktu dan materiil agar bisa membentuk band dengan genre yang mereka kuasai.

Aozora
Sumber : aozora.wagomu.id

Namun, tak sedikit yang mengalami kegagalan ketika membangun sebuah band, yang berakhir dengan bubarnya band mereka. Bayangkan, sudah membuang banyak waktu, uang dan tenaga, tapi harus bubar di tengah jalan yang bahkan belum merasakan kesuksesan tampil di panggung emas.

Nah kali ini, akan membahas beberapa cara mudah untuk membangun band hingga terkenal yang mungkin bisa berguna bagi Anda yang ingin bergelut di bidang entertainment.

1Bentuk Band Sesuai Dengan Genre Musik Yang Diminati

Jika Anda memang serius ingin membentuk sebuah band, tentunya hal yang paling mendasar adalah ketahui genre musim apa yang Anda minati, apakah pop, rock, metal, blues, jazz, dsb. Sehingga Anda bisa dengan mudah memasarkan band Anda. Misalnya, Anda membentuk band dengan genre Pop, tentunya harus dipasarkan di kalangan atau komunitas pecinta musik pop agar sesuai dengan target.

2Memilih Personil Dengan Satu Visi Dan Misi

Terkadang bubarnya sebuah band dikarenakan visi dan misi yang berbeda. Hal tersebut akan membuat internal band kacau karena saling menekankan ego. Jadi cari personil yang memiliki visi dan misi sama agar band bisa terus berkembang. Ibarat, suami istri, jika memiliki visi dan misi tentunya akan tetap harmonis.

3Siapkan Tools Market Yang Kreatif Dan Menarik

Sumber : www.youtube.com/aozoraband

Tak banyak band baru yang memikirkan poin satu ini. Padahal hal ini sangat penting untuk perkembangan band. Anda bisa membuat berbagai marketing tools seperti banner, poster, website, logo, terutama profile band. Buat semenarik mungkin sehingga mudah menarik minat Masyarakat banyak.

4Buat Karya Yang Menarik Dan Easy Listening

Nah, ini merupakan hal yang paling penting. Band tentunya butuh karya untuk di jual dan dinikmati oleh masyarakat. Jangan pernah membuat karya sesuai dengan ideologi sendiri. Tapi buat agar lebih easy listening dan mudah dimengerti. Begitu juga dengan genre metal atau hardcore, buat karya yang berbeda dengan band lain. Karena karya akan menunjukkan identitas band Anda.

5Perkuat Kerjasama

Kerjasama tentunya hal yang sangat penting untuk perkembangan band. Jangan pernah saling tuduh untuk melakukan pekerjaan demi band. Tapi mulai dari insiatif diri sendiri. Memperkuat kerjasama akan membuat keharmonisan di band semakin kuat.

6Pilih Manajer Untuk Memasarkan Band

Mungkin untuk band baru, sosok manajer belum terlalu di butuhkan, tapi sebenarnya manajer sudah harus ada sejak band launching. Hal tersebut dikarenakan seorang manajer akan bertugas memasarkan band, mengatur jadwal hingga menjadi penengah untuk masalah internal band.

7Maksimalkan Penampilan Diatas Panggung

Band akan mudah dikenal jika bisa menunjukkan penampilan maksimal di atas panggung. Mulai dari performance hingga fashion yang digunakan. Sehingga membuat para audience terkesima.

8Manfaatkan Sosial Media Untuk Marketing

Sosial Media jadi salah satu hal penting untuk memasarkan band. Jadi manfaatkan berbagai jenis Sosial media  untuk perkembangan band.

Nah, itulah beberapa cara mudah membentuk band agar mudah terkenal. Mungkin cara diatas tetap harus didampingi oleh kerja keras dan doa agar lebih maksimal. Tentunya semangat dalam bermusik juga tetap harus dijaga agar bisa menghasilkan karya yang menarik.