Masih Sulit Menghafal? Coba Ikuti 5 Cara Ini

20

Menghafal adalah salah satu kegiatan mempelajari suatu materi pelajaran di luar kepala. Biasanya, menghafal membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan menurut sebagian orang sangat menyita waktu.

Beberapa orang mengatakan menghafal adalah kegiatan yang membosankan dan cukup menguras tenaga, olah pikir, dan juga waktu. Wah kira-kira alasannya kenapa ya? Sebagian orang berpendapat demikian, karena kebanyakan dari kita menjadikan hafalan sebagai momok dan beban dalam diri kita. Bayangkan jika opini tersebut kita rubah, hafalan justru membuatku mudah dalam mengingat sesuatu. Mungkin ini akan beda lagi penilaiannya.

Tahukah kamu, menghafal itu memiliki manfaat dalam hidup kita? Ah, masa iya sih hafalan punya manfaat dalam hidup kita? Manfaat menghafal dalam hidup kita diantaranya kita dapat mengingat suatu materi pelajaran di luar kepala kita, otak kita lebih cepat tanggap dalam menerima suatu materi baru, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Nah, untuk kamu yang masih merasa kesulitan dalam menghafal ada baiknya kamu simak ulasan berikut.

  1. Pilih waktu yang tepat untuk menghafal. Ketika kamu mau menghafal ada baiknya kamu pahami waktu terbaikmu. Biasanya waktu terbaik yang kamu gunakan adalah sepertiga malam terakhir, malam hari setelah maghrib, menjelang tidur, setelah subuh.
  2. Mengambil kosakata yang penting. Ketika kamu mencoba menghafal suatu materi pilihlah kosakata yang mudah dipahami dalam buku. Nggak mungkin dalam satu buku kamu hafalkan semua isi didalamnya.
  3. Buat singkatan yang mudah kamu pahami.Ketika kamu menghafal, cobalah kamu buat singkatan unik yang bisa memudahkan kamu mengingatnya. Kamu bisa menulisnya ke secarik kertas, lego, dan beberapa benda uniknya.
  4. Tempelkan kosakata. Nah setelah kamu buat singkatan, ada baiknya kamu bisa tulis kosakatamu dengan kertas dan kamu tempel di beberapa tempat yang sering kamu singgahi. Seperti, cermin, dinding kamar, meja belajar, dan beberapa tempat lainnya.
  5. Menghafal secara continue. Tingkatan mengingat seseorang berubah-ubah sesuai dengan tingkatannya, nah untuk melatih daya ingatmu dalam menghafal suatu materi kamu harus terus-menerus menghafalnya.

Nah itu dia 5 cara menghafal dengan mudah. Jika kamu terus menerus berusaha untuk menghafal dan berkelanjutan dalam melakukannya, yakin deh kamu pasti bisa. Tapi kalau di awal saja, kamu sudah negative thinking (nethink) dan pesimis seterusnya kamu akan begitu terus dan tidak mencapai apapun.

Jadi bagaimana kamu mau menyerah dengan keadaan? atau mau mencoba mempraktekkan hal di atas? Semoga bermanfaat.