Masih Ragu Jadi Relawan? Coba Baca 5 Manfaatnya Bagi Hidup Kamu dan Orang Lain

24

Saat ini banyak orang berlomba-lomba menebar kebaikan dengan cara ikut menjadi relawan. Bukan karena ingin mereka dikenal oleh banyak orang, tetapi menjadi relawan adalah bentuk keinginan dari diri sendiri untuk mengabdi kepada kepedulian sosial.

Relawan adalah gerakan dari seseorang yang bertujuan untuk membantu masyarakat di beberapa daerah yang masih membutuhkan tenaga penggerak agar mampu memajukan sumber daya manusia (SDM) daerah yang dijadikan tempat penugasan. Biasanya bidang yang dikembangkan oleh para relawan antara lain, bidang pendidikan, pariwisata, dan perekonomian.

Banyaknya minat dari beberapa orang yang mendaftarkan diri menjadi relawan, mungkin membuat sebagian orang bertanya-tanya apa manfaatnya menjadi relawan di beberapa daerah pelosok yang tentunya kondisi dan lingkungan berbeda dari tempat yang ditinggali, belum lagi listrik dan signal yang dijadikan kebutuhan primer masyarakat saat ini.

Nah buat kamu yang masih belum tahu manfaat menjadi bagian dari tim relawan itu apa, yuk simak ulasan berikut.

  1. Menambah pengalaman
    Tinggal di daerah yang tentunya berbanding terbalik dengan lingkungan yang kamu tinggali tentunya membuat kamu merasakan pengalaman yang berbeda, bahkan kembali seperti di jaman dahulu sebelum teknologi semaju dan secanggih sekarang ini.
    Tapi dari sinilah kamu banyak mendapatkan pengalaman yang berbeda, di mana kamu banyak belajar beradaptasi dengan masyarakat sekitar serta budaya mereka.
  2. Mendapat keluarga baru
    Menjadi relawan bukanlah hal yang mudah bagi yang menjadi bagian di dalamnya. Jauh dari keluarga juga menjadi resiko di mana kamu harus siap pergi jauh dari rumah dan keluarga serta harus siap tinggal di tempat penugasan sampai batas waktu yang ditentukan.
    Tapi buat kamu yang ingin banget menjadi tim relawan jangan sedih, karena di tempat penugasan nanti kamu pun akan mendapat keluarga dan teman baru yang tentunya dengan tangan terbuka menerima kamu.
  3. Membantu pemerintah untuk memajukan SDM di beberapa daerah
    Dengan menjadi tim relawan, kamu juga telah membantu pemerintah untuk mengatasi beberapa masalah di beberapa daerah di tempat penugasan dan tentunya membantu masyarakat setempat untuk maju dalam mengembangkan SDM di daerahnya.
  4. Bisa berkunjung ke beberapa tempat
    Menjadi tim relawan tentunya bukan hanya di tempatkan di satu daerah saja, melainkan kamu akan dipencar ke beberapa daerah di mana kamu sendiri harus siap dengan keadaan daerah yang kamu jadikan tempat penugasan. Takut ? Awalnya mungkin iya, tapi setelah itu kamu akan merasa betah karena banyaknya tempat-tempat indah yang tentunya belum pernah kita ketahui dan kita kunjungi.
  5. Ladang amal
    Menjadi tim relawan juga menjadi ladang amal bagi penggeraknya. Kok bisa ? Iya karena kamu sudah membantu sesama yang kesusahan dan membutuhkan kamu sebagai jembatan penghubung untuk keluar dari masalah yang mereka belum tahu jalan keluarnya.

Nah itu dia beberapa manfaat yang kamu bisa dapatkan selama kamu menjadi relawan. Bagaimana kamu tertarik ? Yuk tunggu apalagi selain nambah pengalaman banyak juga manfaat lain yang bisa kamu dapat.