Masih Belum Bisa Menulis Karena Bingung Mau Mulai Dari Mana? Yuk Baca artikelnya di Sini

73


Memulai menulis itu memang susah, apalagi belum pernah menulis dan jarang membaca buku. Meskipun seringkali baca buku tetap saja tidak bisa memulainya. Kalau sudah demikian mau bagaimana lagi caranya. Setiap penyakit pasti ada obatnya, setiap masalah pasti ada solusinya.

Nah ini solusinya untuk kamu yang masih bingung memulai menulis padahal sudah seringkali membaca buku dan sudah mempunyai banyak wawasan. Kalau masih pertama menulis, jangan terlalu serius menulisnya. Tulislah sesuai dengan ide yang datang bahkan walaupun tidak menyambung dilanjutkan jangan berhenti, namanya juga menulis yang tidak serius.

Kalau sudah berhasil menyelesaikan satu judul maka mulailah lagi untuk menulis dan teruslah sampai bisa menulis sehingga pada akhirnya menjadi penulis luar biasa. Siapa yang menulis bukunya langsung best seller, siapa yang menulis karya tulisnya langsung diterima oleh media massa, pasti kalau ditanya pernah punya kegagalan walaupun sedikit.

Pasti memulainya itu dari menulis tidak serius, hanya asal-asalan saja. Saya sempat berpikir atas berdirinya KMO Indonesia menjadi besar karena sebelumnya hanya komunitas kecil yang diawali dari BBM (BlackBerry Messenger) yang anggotanya tinggal beberapa orang saja.

Namun, karena konsistennya beliau bertahan sehingga pada akhirnya KMO Indonesia menjadi komunitas yang besar dan telah berhasil melahirkan ribuan penulis produktif. Sama dengan menulis awalnya memang bingung, karena konsisten pada akhirnya menjadi penulis yang luar biasa.

Dulu saya pernah mengalami kebingungan yang dahsyat sebelum saya banyak bergabung dengan komunitas menulis dan berteman dengan penulis. Rasa kebingungan selalu mengancam pribadiku dalam memulai menulis. Karena rasa ingin menulis, saya mulai menulis dengan asal-asalan yang penting menulis.

Seringkali karya-karyaku ditolak oleh redaksi Bulletin OSIS dan pesantren, namun bagi saya tidak menjadi rasa putus asa untuk bangkit menulis. Saya menganggap biasa karena memang naskahnya kurang kece sehingga pihak editor tidak meloloskan seleksi terbit. Namun, pada akhirnya karya saya tembus dibukukan dan akhirnya minat untuk menulis terus berlanjut sampai sekarang.

Orang yang tidak pernah berhenti di suatu jalan maka akan sampai juga pada tujuannya. Namun, apabila orang tersebut mundur untuk tidak melanjutkan perjalanannya maka tidak akan tercapai tujuannya. Jadi jangan pernah berhenti dijalan apabila sudah ada ditengah jalan, lanjutkan perjalanan nya sampai sampai pada tujuan.

Buanglah rasa keraguan dari jiwamu, bangkitkan semangat untuk meraih harapan yang tersimpan dalam hatinya. Jangan pernah takut dengan apa yang ada dalam pikiran sebelum rasa takut nyata ada di depan mu.