Masih Asing Di Telinga, Inilah 15 Istilah Bertema Ramadan Dalam Bahasa Inggris

13

Pada bulan Ramadan banyak sekali kegiatan untuk mendapatkan berkah. Bagaimana tidak, bulan yang penuh dengan ampunan ini harus dimanfaatkan dengan baik bagi umat islam di seluruh penjuru dunia dan tidak lain di Indonesia. Dalam bulan Ramadan, umat muslim juga menjalankan ibadah puasa dan banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan dari terbitnya fajar hingga untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Siapa sangka ternyata ada istilah dalam bahasa inggris yang umum dipakai dalam bulan Ramadan dan mungkin masing asing kita dengar. Istilah dalam bahasa inggris ini dimulai dari hal-hal yang sederhana yang banyak di diistilahkan banyak orang termasuk istilah dalam bulan Ramadan. Yuk simak bareng-bareng istilah dalam bahasa inggris bertema Ramadan yang sering dipakai orang banyak.

1. Puasa

Istilah puasa dalam bahasa inggris yang sering kita dengar adalah ‘fast’. Walaupun kata ‘fast’ juga mempunyai arti cepat, tapi kita bisa mengetahuinya tergantung dari tata bahasa dan obrolan yang sedang dibahas. Jadi harus disimak baik-baik dalam berbicara ya.

2. Shalat Dzuhur

Ibadah shalat dzuhur dilakukan pada tengah hari ketika matahari mulai bergerak kearah barat, dan salah satu shalat lima waktu yang hukumnya wajib bagi umat muslim. Dalam istilah bahasa inggris, shalat dzuhur sering disebut ‘midday prayer’.

3. Shalat Ashar

Istilah shalat ashar dalam bahasa inggris yaitu ‘afternoon prayer’. Shalat wajib ini dilaksanakan setelah waktu dzhuhur yakni saat memasuki sore hari.

4. Ngabuburit

Saat menjalankan ibadah puasa sering terdengar istilah ngabuburit yang mempunyai arti menunggu waktu berbuka puasa. Istilah ngabuburit dalam bahasa inggris yaitu ‘passing time before maghrib’.

5. Berbuka Puasa

Waktu yang ditunggu-tunggu olah sebagian besar orang saat berpuasa yakni saat berbuka puasa, yang mempunyai arti dalam bahasa inggris yaiki ‘break the fast’. Kata demikian mungkin masih asing bagi kita ya.

6. Buah Kurma

Buah yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa ini sering di sebut ‘date’ dalam bahasa inggris. Buah ini sangat familiar dalam menu berbuka puasa.

7. Shalat Maghrib

Setelah melaksanakan kegiatan berbuka puasa, kita melaksanakan shalat maghrib yang hukumnya wajib dan dalam bahasa inggris disebut dengan ‘dust prayer’. Jangan salah pakai penggunaanya ya.

8. Shalat Isya

Shalat isya dalam bahasa inggris mempunyai arti ‘evening prayer’. Waktu shalat isya dimulai setelah hari memasuki malam, dan merupakan salat dengan waktu terpanjang.

9. Bersantap Sahur

Sebelum menjalankan ibadah puasa kita disarankan agar untuk sahur, agar puasanya lebih berkah selain itu sahur juga untuk menyimpan energi selama berpuasa. Dalam bahasa inggris sahur sering diartikan ‘pre-dawn meal’.

10. Waktu Imsak

Waktu imsak dalam bahasa inggris disebut dengan ‘warning signal’. Imsak menandakan jika kita sudah memulai ibadah puasa dan menghentikan aktivitas makan dan minum serta menjaga hawa nafsu.

11. Shalat Subuh

Shalat subuh yang hukumnya wajib ini mempunyai arti dalam bahasa inggris yakni ‘dawn prayer’. Setelah sahur jangan langsung tidur ya, tapi kita shalat subuh terlebih dahulu biar tidak kelewatan.

12. Batal Puasa

Tidak jarang jika ada sebagian orang yang batal puasa karena banyak faktor. Isilah dalam bahasa inggris nya yaitu ‘ruining the fast’. Semoga kita puasanya lancar ya.

13. THR (Tunjangan Hari Raya)

Bonus dalam bulan Ramadan ini sering disebut dalam bahasa inggris yaitu ‘religious holiday allowance’. Bonus yang sering ditunggu-tunggu oleh banyak orang ini memang punya daya tarik tersendiri.

14. Istilah Mudik

Mudik atau sering disebut dengan balik ke kampung halaman atau tempat tinggal asal mempunyai arti dalam bahasa inggris yaitu ‘homecoming’.

15. Halal Bihalal

Kegiatan saling bermaaf-maafan dalam hari raya idul fitri ini sering disebut dengan ‘forgiving each other’ dalam bahasa inggris. Momen inilah yang paling ditunggu dalam bulan penuh berkah ini.

Itulah istilah dalam bahasa inggris yang sering kita dengar saat bulan Ramadan. Semoga bisa menambah kosakata kita dalam berbahasa inggris ya dan bermanfaat.