Maryam Binti Imran, Wanita Teladan Inspirasi untuk Muslimah Akhir Zaman

12

Maryam, merupakan salah satu wanita shalihah.

Maryam binti Imran merupakan termasuk dalam empat wanita penghuni syurga bersama dengan Khadijah Binti Khuwailid, Asiah binti Muzahim, dan Fatimah Az – Zahra binti Muhammad Shalallahu A’laihi Wassalam.

Maryam merupakan ibu bagi Nabi Isa A’laihi Salam yang menjadi panutan bagi para wanita akhir zaman saat ini. Tanpa adanya peran laki – laki dalam kehidupannya kecuali anaknya, beliau merupakan wanita dengan kesabaran dan rasa istiqomah yang tinggi untuk menjalankan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Keistimewaannya menjadikan dia patut menjadi teladan dan oleh karena ketaatannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, berikut beberapa keistimewaan yang dimiliki Maryam binti Imran. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

  • Wanita yang dipuji oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Keistimewaan yang pertama dari seorang Maryam adalah dimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala memuji Maryam langsung. 

Dalam Al Quran, Allah berfirman mengenai Maryam yaitu dalam surat Ali Imran ayat 42 :

Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia”. (QS Ali Imron : 42). 

Berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala diatas, ayat tersebut mengatakan Maryam merupakan wanita terbaik di masa itu. Hamba yang dipuji oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hal ini dikarenakan segala kriteria wanita baik menurut Islam ada pada diri Maryam. Mulai dari menjaga kesucian diri hingga menghindar dari perbuatan tercela.

  • Salah Satu Wanita Ahli Syurga

Seperti disebutkan diatas bahwa Maryam termasuk dalam satu wanita ahli surga. Pernyataan ini berdasarkan hadits Rasulullah Shalallahu A’laihi Wassalam :

“Pemuka ahli surga ada empat, Maryam, Fatimah, Khadijah, dan Asiyah”. (HR Hakim). 

Hadits di atas disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu A’laihi Wassalam ketika Rasul sedang berkhutbah di depan sahabat – sahabatnya. Rasulullah Shalallahu A’laihi Wassalam bercerita dimana Maryam merupakan salah satu wanita paling suci di dunia yang dijaminkan surga baginya.

Maryam, sosok wanita yang terkenal di kalangan orang shaleh, karena ketaatan dirinya serta bagaimana menjaga kesucian diri. Dengan ketaatannya ini, Maryam mendapat kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan surga adalah ganjaran bagi Maryam.

  • Memiliki Orang Tua yang Beriman

Maryam berasal dari keluarga Imran. Imran merupakan laki – laki shaleh dari Bani Israil. Ibunya Maryam, Hanna, adalah wanita shalehah yang telah bersedia menyerahkan putrinya untuk mengabdi pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tertulis dalam Quran Surah Ali Imran ayat 35 yang berbunyi :

Ya Tuhanku sesungguhnya aku menazarkan kepada engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang sholeh dan berkhidmat karena itu terimalah nazar itu dari padaku”. (QS Ali Imran : 35). 

Imran dan Hanna adalah orangtua yang selalu mendoakan kebaikan bagi Maryam untuk menjadi anak shalihah sejak dalam kandungan. Sejak dalam kandungan, Maryam telah terbiasa mendengar lafadz Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Maryam dilahirkan dengan ajaran Islam. Setelah mendalami ajaran Islam, Maryam memiliki akhlak yang melekat di dalam diri dan jiwanya. Sehingga Maryam memiliki iman terbaik sejak masih belia.

  • Tidak Diganggu Syaitan Saat Lahir

Keistimewaan Maryam yang lainnya adalah dimana dirinya tidak diganggu oleh syaitan seperti bayi baru lahir lainnya. Hal ini menjadi salah satu keistimewaan tersendiri karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala memilihnya menjadi sosok tauladan sempurna bagi kaum wanita. Itulah mengapa Maryam adalah wanita suci sejak lahir.

Dalah Hadits, Rasulullah Shalallahu A’laihi Wassalam bersabda : 

Setiap anak manusia pasti diganggu syetan ketika dia dilahirkan sehingga dia teriak menangis karena disentuh syetan. Kecuali Maryam dan putranya”. (HR Bukhari). 

Salah satu keutamaan memiliki anak perempuan di dalam Islam ini tercermin dari keluarga Imran yang memiliki anak shalihah sehingga bisa membawa keluarganya kepada kebaikan dengan surga ganjarannya.

  • Shalihah Sejak Lahir

Maryam merupakan wanita yang sudah shalihah sejak kecil. Sejak usia sembilan tahun, Maryam sudah melakukan puasa dan melakukan ibadah di shalat malam. Dimana saat itu, anak – anak seusianya masih banyak bermain dan bersenang – senang dengan sebayanya.

Maryam memiliki akhlak shalihahnya karena hidayah yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan. Maryam berada di dalam keluarga dengan tingkat keimanan dan ketaatan yang sangat tinggi.

  • Maryam Sangat Menjaga Diri

Maryam merupakan wanita yang pintar menjaga kesucian diri. Maryam tidak pernah menunjukkan kecantikan dirinya agar bisa dinikmati oleh laki – laki yang bukan mahramnya. 

Maryam juga selalu menjaga sikap di hadapan laki – laki. Maryam sangat menjaga sentuhan dengan laki – laki, menundukkan pandangan, hingga menjaga hati dan pikirannya untuk tidak memikirkan seseorang yang bukan muhrimnya.

Di dalam Al-Qur’an, Maryam diceritakan pernah di datangi Jibril dengan sosok sebagai lelaki sempurna. Walau begitu, Maryam masih menjaga diri dan tidak terpengaruh ataupun tergoda dengan sosok lelaki sempurna yang malaikat Jibril perankan. 

Sampai pada akhirnya, malaikat Jibril mengakui bahwa dirinya adalah malaikat utusan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan tidak memiliki niat untuk menganggu Maryam.

  • Rela Berkorban

Keistimewaan selanjutnya adalah Maryam merupakan sosok yang mau rela berkorban. Dalam Quran surah Maryam ayat 22, yaitu berbunyi :

“Maka dia mengandung dan mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh”. (QS Maryam : 22). 

Hal ini terjadi saat Maryam mengorbankan diri untuk mengasingkan diri selama kehamilan dan hidup sendirian hingga anaknya lahir. Selama masa kehamilannya, ia mengurus sendiri dengan terus meminta bantuan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Maryam ridho dengan ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang mempercayakan nabi Isa A’laihi salam tanpa seorang pria.

  • Teladan Bagi Wanita Muslim

Bila wanita ingin mencari teladan wanita untuk dijadikan panutan dalam hidupnya, hendaknya mempelajari kisah hidupnya Maryam binti Ali Imran.

Kisah perjalanan hidup Maryam sejak usia dini hingga belia menuju dewasa, mulai dari akhlak hingga tingkah laku adalah yang bisa menjadi pedoman bagaimana menjadi wanita shalihah. Maryam adalah inspirasi bagi wanita akhir zaman yang ingin menjaga akidah dan kehormatannya untuk mendapatkan keridhoan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Demikian beberapa keistimewaan Maryam yang bisa diambil teladan bagi umat muslimah saat ini. Semoga mendapatkan manfaat dari artikel tentang keistimewaan Maryam binti Ali Imran.