Mantan KSAD 2009-2011 George Toisutta Tutup Usia Hari Ini

    9

    Hari Rabu, 12 Juni 2019 telah berpulang ke Rahmatullah mantan kepala staff TNI Angkatan Darat Jenderal (Purn) George Toisutta pada usia 66 tahun. Penyebabnya adalah penyakit kanker usus yang diidapnya beberapa tahun yang lalu. Almarhum telah menjalani perawatan medis di RSPAD, Jakarta lantaran penyakit yang diidapnya semakin hari semakin membuatnya melemah.

    Berita meninggalnya mantan KSAD era tahun 2009-2011 ini juga disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo melalui akun twitter-nya hari ini. “Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Duka yang sangat mendalam menyertai kepergian almarhum Jenderal TNI (Purn) George Toisutta menghadap Sang Khalik,” tulisnya. Gatot juga menuliskan bahwa Toisutta adalah atasan, senior, guru dan pelatihnya. Di akhir tweet-nya, Gatot juga mendoakan seniornya khusnul khotimah dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

    Tidak ketinggalan, politisi PKS Hidayat Nur Wahid juga menyampaikan ucapan duka citanya yang mendalam dalam tweet-nya. “Turut berdukacita atas berpulangnya almarhum Jenderal (Purn) H. George Toisutta,” ucapnya.

    Selama menjalani perawatan di RSPAD, Toisutta juga sempat dikunjungi oleh Prabowo Subianto, capres nomor urut 2. Dalam kunjungannya, Prabowo yang merupakan junior George Toisutta mendoakan agar seniornya tersebut cepat sehat dan sembuh dari penyakit yang dideritanya.

    Dengan rekam jejaknya selain sebagai mantan KSAD, Toisutta juga sempat menjabat sebagai Pangkostrad pada tahun 2007-2009. Almarhum juga pernah mengajukan diri berkompetisi memperebutkan kursi Ketua Umum PSSI tahun 2011 sesaat setelah beliau pensiun sebagai prajurit TNI Angkatan Darat, namun gagal dikarenakan tidak lolos pada tahapan verifikasi saat seleksi administrasi.

    Selain karir militernya yang cemerlang, George Toisutta juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama OSO Group yang didirikan Oesman Sapta Odang. Perusahaan tersebut bergerak dibidang perhotelan, perkebunan, pertambangan,  transportasi dan properti.

    Jenderal kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan ini lulus dari Akademi Militer Magelang pada tahun 1976, meninggalkan seorang istri dan 3 orang anaknya dengan tenang pada pukul 05.26 rabu pagi ini. Selanjutnya, pemakaman almarhum George Toisutta akan dikoordinasikan dengan Gartap dan unsur terkait.