Manfaat Olahraga Berkuda Bagi Kesehatan Yang Tidak Boleh Terlewatkan

27
Olahraga Berkuda

Berkuda merupakan salah satu olahraga yang mendapat perhatian lumayan tinggi di masyarakat. Sekalipun biasanya olahraga berkuda hanya dilakukan oleh orang-orang menengah ke atas, saat ini masyarakat menengah ke bawah pun dapat mencoba olahraga berkuda. Meskipun belum begitu banyak, masyarakat dapat belajar menunggang kuda dengan mengunjungi tempat-tempat yang menyediakan fasilitas latihan berkuda. Selain melatih ketangkasan, berkuda juga memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat berkuda bagi kesehatan.

  • Menambah Kemampuan Otot

Ketika berkuda, badan si penunggang ikut bergerak aktif mengikuti pola gerakan kuda. Hal ini akan membuat otot-otot sendi serta tulang turut merespons sehingga akan melatih kemampuan otot menjadi lebih kuat.

Selain itu, akselerasi otot juga akan bertambah. Demikian halnya dengan refleks badan. Kondisi ini akan melatih kita ketika menghadapi beberapa kondisi spesifik. Misalnya adalah ketika akan terjatuh dari tunggangan kuda dan beberapa hal lain.

  • Meningkatkan Peredaran Darah

Menunggang kuda secara teratur akan membuat sistem peredaran darah menjadi lebih lancar. Darah membutuhkan ruang aliran untuk perjalanannya ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga, khususnya berkuda, aliran darah akan menjadi lebih lancar.

  • Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Menunggang kuda disebut-sebut bakal meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh. Untuk diketahui, penyakit kardiovaskular dapat menimbulkan risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, berkuda dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh.

  • Mencegah Kram

Ketika menunggang kuda, otot bakal mempunyai kebiasaan bergerak. Hal ini sebagai dampak dari gerakan ketika mengendarai kuda. Dengan demikian, risiko kram otot semakin menurun.

Untuk diketahui, kram terjadi karena keadaan otot yang lemah (karena tidak sering berolahraga), kemudian dipaksakan untuk beraktivitas yang mendukung gerak otot. Gerakan otot yang spontan tersebut mengakibatkan otot menjadi kram. Menunggang kuda dapat menjadi langkah untuk membiasakan gerakan otot sehingga mencegah kram terjadi.

  • Penglihatan Semakin Baik

Olahraga berkuda juga melibatkan otot mata, yaitu selalu ikut bergerak dalam melihat lintasan. Hal tersebut dapat melatih pandangan menjadi lebih awas. Gerakan pada otot mata ketika berkuda akan menunjang penglihatan menjadi lebih baik lagi, terutama bagi kaum muda.

  • Meningkatkan Kesehatan Mental

Berkuda tidak hanya bermanfaat pada tataran fisik saja, tetapi juga pada kesehatan mental. Otak membutuhkan banyak latihan untuk meningkatkan sistem kerjanya agar tidak mudah mengalami stres. Ketika menunggang kuda, kita membutuhkan kerja otak untuk mengatur kuda dengan baik, terutama ketika sedang melaju di lintasan.

Selain itu, kondisi psikologis di luar lintasan pacuan kuda juga dapat berpengaruh. Keadaan mental yang kurang akan membuat seseorang kesulitan dalam mengatur kuda baik di dalam maupun luar lintasan. Oleh karena itulah segala proses dalam menunggang kuda akan melatih mental kita.

Olahraga berkuda memang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Maka dari itu, tunggu apa lagi, mari segera berlatih berkuda!