Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Malam Hari

19

Air lemon sangat kaya akan vitamin C. Jika dibandingkan dengan buah lainnya seperti buat apel, air lemon tetap lebih banyak mengandung vitamin C.

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya untuk mengeluarkan racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini menjadi alasan terkuat mengapa seseorang disarankan untuk minum air lemon saat perut kosong.

Kebiasaan minum air lemon hangat dapat dilakukan saat malam hari sebelum tidur. Mengapa? Alasan utama adalah kemampuan dan manfaat lemon yang kaya akan vitamin C untuk mengeluarkan racun.

Jika air lemon hangat diminum sebelum tidur maka akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun sepanjang malam. Selain itu, ada banyak manfaat minum air lemon sebelum tidur.

  • Tidur Lebih Nyenyak dan Mengembalikan Stamina Tubuh

Minum air lemon hangat sebelum di malam hari dapat membantu untuk menjaga keseimbangan vitamin, nutrisi dan mineral dalam tubuh dan mengisi kembali seluruh nutrisi tubuh yang hilang saat siang hari.

Selain itu, meningkatkan kestabilan tubuh dan memperbaiki otot dan persendian. Sehingga, tidur lebih nyenyak, mencegah insomnia dan memberikan tenaga yang lebih pada keesokan paginya.

  • Menurunkan Berat Badan

Minum air lemon hangat di malam hari mempercepat proses penurunan berat badan. Hal ini karena air hangat memecahkan molekul lemak dalam tubuh dan lemon memiliki serat pektin yang mampu mengendalikan keinginan makan. Hal ini akan membantu untuk berat badan turun dan mencegah diabetes.

  • Memperkuat Kekebalan Tubuh

Minum air lemon hangat di malam hari memberikan banyak vitamin C dan mineral. Vitamin antioksidan akan membunuh bakteri dan menstimulasi produksi sel darah putih dalam tubuh yang sangat penting bagi kekebalan tubuh.

  • Manfaat Hidrasi

Minum air lemon hangat di malam hari akan membantu tubuh untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang saat siang hari. Dan juga, membantu untuk memompa darah ke otot dan membantu otot bekerja lebih efisien.

  • Membantu Pencernaan

Minum air lemon di malam hari dapat membantu untuk mengatur pergerakan usus dan meningkatkan pencernaan.  Selain itu, air lemon hangat juga mampu meningkatkan penyerapan nutrisi, mengurangi kembung, dan merangsang hati.

Cara membuat air lemon hangat adalah sebagai berikut :

  • Mempersiapkan 1 buah lemon dan air hangat (campuran 1/3 air mendidih dan ¼ air dingin). BIsa di campur dengan madu atau jahe sesuai dengan selera dan pilihan.
  • Mengiris dan memeras buah lemon. Kemudian, dicampurkan dengan air hangat.

Minum air lemon hangat pada malam hari sebaiknya 1,5 jam sebelum tidur dan air lemon hangat diminum sebanyak 1 gelas sebelum tidur.

Risiko Minum Air Lemon Setiap Hari

Minum air lemon memiliki beberapa efek samping bagi tubuh. Minum air lemon dapat mengikis lapisan luar gigi. Memberikan efek diuretik atau kenaikan laju pembentukan urin. Hal ini akan meningkatkan produksi urin dalam ginjal dan membantu tubuh untuk menghilangkan kelebihan cairan dan natrium lebih cepat.

Aturan Minum Air Lemon

Beberapa aturan untuk minum air lemon pada malam hari adalah sebagai berikut :

  • Untuk menghindari kerusakan gigi, disarankan untuk selalu menyikat gigi setelah meminum air lemon pada malam hari dan air lemon diminum dengan menggunakan sedotan. Ini akan membantu untuk menetralkan asam gigi.
  • Jika mulai merasa dehidrasi, sebaiknya mengurangi jumlah lemon yang ditambahkan ke dalam air hangat.
  • Jangan minum air lemon hangat untuk masalah kesehatan apapun tanpa saran dari dokter.

Setiap orang pasti mengharapkan bangun pagi segar dengan istirahat yang baik dan penuh energi pada pagi hari. Kebiasaan minum air lemon hangat satu gelas setiap haru adalah jawabannya.