Manfaat Jeruk Bali yang Jarang Diketahui Banyak Orang

24

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Berbagai varian jeruk tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu jeruk yang banyak dicari-cari dan memiliki banyak manfaat adalah Jeruk Bali. Jeruk Bali merupakan varian jeruk yang banyak mengandung manfaat. Ukuran jeruk ini pun sangat mencolok dan jauh berbeda dengan ukuran buah jeruk normal pada umumnya.

Jeruk ini berwarna hijau terang, terkadang juga berwarna kuning, dengan kulit seperti kulit jeruk pada umumnya. Akan tetapi, ukuran jeruk ini sangat besar, bisa mencapai 10 kali besar jeruk pada umumnya. Bisa juga terkadang sebesar buah kelapa.

Jeruk ini memiliki kulit yang sangat tebal. Kadang-kadang kulit jeruk ini juga dimanfaatkan sebagai panganan manis. Kulit jeruk ini sering difermentasi sebagai manisan kulit jeruk yang rasanya sangat segar sekali. Meskipun dikenal dengan nama Jeruk Bali, tapi sesungguhnya jenis jeruk ini tidak berasal dari Pulau Bali.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti asal muasal daerah pertama yang ditumbuhi jeruk ini. Jeruk Bali dengan nama latin Citrus Grandis atau Citrus Maxima banyak tumbuh di sepanjang wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Dikutip dari doktersehat.com, Jeruk Bali meskipun ukurannya sangat besar, namun sangat rendah kalori.

Selain itu, buah jeruk ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, dan banyak juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalium, fosfor, magnesium. Selain itu, Jeruk Bali juga mengandung vitamin A dan vitamin B1. Juga terdapat dalam kandungan jeruk jenis ini senyawa bioflavonoid, pectin, likopen, plenolic acid, asam sitrat dan beta karoten.

Dengan berbagai keunggulan yang terdapat dalam Jeruk Bali ini, sehingga buah yang satu ini memiliki keunggulan atau manfaat yang banyak seperti menjaga tekanan darah dalam keadaan tetap normal, mampu mengatasi penyakit anemia sehingga buah ini sangat bagus bagi penderita kekurangan darah (anemia).

Selain itu, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang; mengkonsumsi jeruk bali dapat mencegah dari penyakit osteoporosis, mencegah infeksi saluran kantung kemih, sehingga bagus untuk pencernaan. Juga menjaga kesehatan gigi dan mulut, mencegah dari penyakit kanker, karena di dalam jeruk bali terdapat kandungan likopen, betakaroten dan bioflavonoid.

Jeruk bali juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem imun tubuh. Dan satu hal yang penting lagi, jeruk bali dapat menurunkan berat badan. Sangat cocok dijadikan buah untuk yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau diet.