Manfaat Garam Untuk Kecantikan dan Kesehatan

99

“Garam bisa untuk kesehatan?”

“Bukannya garam malah menjadi pemicu darah tinggi?!”

“Garam bisa untuk kecantikan?”

“Bukannya kulit malah akan terluka dan perih kalau terkena garam?!”

Sederet pertanyaan itu mungkin sering kita dengar dalam pembicaraan sehari-hari. Namun benarkah garam tak memiliki manfaat lain selain untuk penyedap rasa dalam masakan? Tentu saja jawabannya tidak. Tanpa kita sadari, bumbu dapur satu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan kesehatan gigi juga mulut. Berikut ini uraiannya.

  • Garam untuk Kecantikan Wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat dan komedo membandel di wajah, coba atasi dengan air garam. Siapa tahu cara tradisional ini mampu membuat kulit wajah Anda bersih segar tanpa jerawat dan komedo.

Sebelum tidur malam, setelah kulit wajah dibersihkan dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda, basuhlah wajah Anda menggunakan air garam. Kemudian diamkan selama 3 sampai 5 menit, setelah itu basuh kembali dengan air dingin biasa yang bersih.

Setelah itu keringkan dengan handuk khusus wajah, baru bubuhkan toner di wajah Anda. Lakukan hal ini berulang-ulang, rutin setiap malam sebelum tidur.

  • Garam untuk Mandi

Jika badan Anda terasa pegal dan capek setelah bekerja seharian, berendamlah dengan air garam hangat. Sambil berendam, gosok-gosoklah kulit badan Anda. Air garam mampu merontokkan kotoran di badan Anda, dan membuat badan Anda rileks, sehingga tidur malam Anda benar-benar nyenyak dan berkualitas.

  • Garam untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Semua orang pasti mendambakan gigi putih dan bersih. Untuk mendapatkannya tak perlu kita menggunakan bahan-bahan kimia yang mungkin memiliki dampak berbahaya untuk jangka panjang. Sebelum tidur malam dan setelah sarapan, gosoklah gigi Anda menggunakan garam. Sebelumnya basahi terlebih dahulu sikat gigi Anda, kemudian ambil sedikit garam, dan gosoklah gigi Anda seperti biasa.

Selain mampu memutihkan gigi, berkumur dengan air garam bisa membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut. Manfaat lain, berkumur dengan air garam mampu menyembuhkan gusi bengkak akibat menggosok gigi yang berlebihan, ataupun karena sariawan.

Itulah beberapa manfaat garam untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.