6 Manfaat Daun Kelor yang Tidak Banyak Orang Tahu

33
daun kelor

Daun kelor merupakan tumbuhan yang cukup mudah dijumpai di sekitar lingkungan kita. Bahkan karena jarang dimanfaatkan tak jarang masyarakat menjadikannya sebagai pakan ternak seperti kambing maupun sapi. Daun yang berbentuk bulat lonjong dan ukurannya kecil tersusun pada tangkai ini ternyata salah satu jenis tumbuhan yang memiliki segudang manfaat yang tak terduga. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa dari bagian daun, kulit buah bahkan bijinya dapat dimanfaatkan.

Dari berbagai sumber yang dihimpun daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan diantaranya adalah:

  • Daun kelor dapat mengobati kanker

Daun kelor yang diekstrak dan dilarutkan dalam air bisa mengobati kanker secara alami. Mulai dari kanker payudara, kanker paru-paru hingga kanker kulit. Ini dikarenakan daun kelor mengandung antioksidan, protein karotenoid, potassium senyawa lain yang dapat menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

  • Dapat menyehatkan mata

Bagi penderita mata minus wajib baca artikel bagian ini, ternyata daun kelor dapat digunakan sebagai obat mata. Kandungan vitamin A pada daun kelor yang cukup banyak sebanyak 100 gr daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A. Yang tentunya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan wortel.

  • Menjaga fungsi otak

Daun kelor memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan sebagai senyawa tiroid untuk menjaga kestabilan psikis. Jadi mengonsumsi daun kelor secara teratur akan memperkecil resiko seseorang mengalami depresi atau segala hal yang menyangkut kejiwaan, mood atau psikis.

  • Dapat Mengobati cacingan

Selain itu, daun kelor ternyata mampu mengobati cacingan. Caranya pengolahannyanya yaitu dengan merebus daun kelor kemudian air hasil rebusan dapat diminumkan pada anak yang menderita cacingan. Hal tersebut dapat berfungsi mengurangi infeksi cacing, khususnya cacing kremi dan cacing pita.

  • Daun kelor dapat menyehatkan pencernaan

Daun kelor berfungsi sebagai anti-inflamasi, yang ada kaitannya dengan pencernaan. Jika mengonsumsi daun kelor dengan teratur manfaatnya adalah dapat menghindarkan diri dari resiko penyakit maag dan pencernaan akan sehat.

  • Gizi ibu menyusui

Ibu yang menyusui memanglah harus mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi. Hal itu bertujuan agar kesehatan sang bayi selalu terjaga. Ibu yang menyusui disarankan mengonsumsi daun kelor yang membutuhkan asupan zat besi yang cukup untuk tubuh. Dan bagi wanita yang sedang datang bulan, sebaiknya mengonsumsi daun kelor agar terhindar dari gejala penyakit anemia.

Itulah manfaat daun kelor yang tidak disangka-sangka. Ternyata banyak fasilitas yang disediakan Tuhan kepada semua hambanya yang sangat lengkap dan pastinya dapat kita manfaatkan sebaik mungkin. Salam hidup sehat!