Mandi Pakai Air Dingin Atau Hangat? 7 Manfaat Ini yang Harus Kamu Ketahui

13

Mandi merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan banyak orang dan menjadi kegiatan paling favorit, karena memanjakan diri dan menghilangkan kotoran seperti daki, bau keringat di badan, debu dan masih banyak lagi.

Pada umumnya manusia melakukan mandi sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari atau sebelum memulai aktivitas dan sesudah melakukan aktivitas.

Ketika mandi biasanya orang memilih keadaan air, ada yang memilih kondisi dingin dan ada yang memilih air hangat. Kira-kira lebih baik yang mana ya? Berikut ulasannya. Mandi dengan air dingin memiliki tujuan yang baik untuk tubuh seperti :

1. Meredakan Depresi

Kamu yang sering depresi dan stress karena seharian berkutik dengan rutinitasmu ada baiknya ketika mandi kamu gunakan air dingin. Air dingin memiliki fungsi untuk merilekskan kembali pikiran yang suntuk karena sibuk dengan dirimu.

2. Menyegarkan Pikiran

Kamu suntuk seharian dan pengen banget pikiranmu kembali refresh? Solusinya adalah cobalah mandi dengan air dingin. Air dingin dipercaya dapat mengembalikan pikiranmu untuk kembali menjadi lebih segar.

3. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Air dingin juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuhmu loh, yaitu untuk menjaga kelembapan rambut dan kulitmu loh. Berbeda dengan air panas yang justru membuat kulitmu kering.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tahukah kamu, mandi dengan air dingin dapat meningkatkan daya tahan tubuh? Iya hal ini terjadi karena air dingin sendiri ketika mengenai kulit justru memberikan sentuhan ajaib, selain menyegarkan kulit ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu loh.

Berbeda dengan air dingin, mandi dengan air hangat ternyata juga memberikan manfaat yang baik juga loh untuk tubuh. Mau tau? Ini dia ulasannya. Mandi dengan air hangat memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, yaitu :

1. Melemaskan Saraf, Urat dan Otot yang Kaku

Kamu pernah merasakan rasa pegal yang amat lelah di tubuh ? Jika iya dan kamu belum menemukan obatnya, ada baiknya kamu coba mandi dengan air hangat.

Air hangat dipercaya dapat melemaskan sarat-saraf yang kaku dan peregangan pada otot sehingga nantinya dapat mengembalikan fungsi kerja urat, saraf dan otot sebagaimana fungsinya.

2. Mencegah Insomnia atau Kurang Tidur

Kamu sering mengalami insomnia? Nah ada baiknya kamu mandi air hangat nih guys, fungsi air hangat sendiri membantu memperlancar peredaran darah dan melemaskan urat saraf dan otot yang kaku pada tubuh. Jadi kamu bisa tidur nyenyak.

3. Mengurangi Stress

Kamu sering stress sama rutinitas harianmu? Nggak ada salahnya nih kalau kamu mandi air hangat setelah berkutik dengan rutinitasmu yang menyita banyak pola pikirmu.

Selain mengurangi stress kamu juga bisa memanjakan dirimu loh dengan berendam beberapa menit dengan air hangat.

Nah itu dia manfaat mandi dengan air dingin dan air hangat. Masing-masing air memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kalau misalnya kamu ngantuk dan ingin sekali kelihatan fresh bisa mandi dengan air dingin, tapi kalau cuaca lagi dingin dan ada masalah dengan kesehatan kamu bisa menggunakan air hangat untuk mandi. Kalau kamu, tim mandi dengan air dingin atau air hangat?