Makna Dupa Dalam Agama Hindu

91

Dupa, atau biasa disebut dengan kemenyan ini merupakan sebuah material yang mengeluarkan asap jika dibakar dan menimbulkan bebauan. Bebauan yang ditimbulkan dari dupa ini adalah aroma wangi yang khas. Dalam upacara keagamaan, dupa ini biasa digunakan. Selain itu, dupa juga bisa digunakan untuk sebuah pengobatan.

Namun, pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai makna dupa dalam agama Hindu. Namun sebelumnya mari simak penjelasan berikut.

Dalam persembahyangan agama Hindu, biasanya menggunakan unsur api yang diwujudkan dengan dupa. Dupa ini merupakan sejenis harum-haruman yang dibakar. Dupa yang nyala apinya ini dilambangkan sebagai Dewa Agni.

Perlu anda ketahui fungsi dupa adalah sebagai berikut:

  • Berfungsi sebagai pendeta dalam memimpin upacara
  • Berfungsi sebagai perantara dengan menghubungkan pemuja dengan yang dipuja
  • Berfungsi sebagai pembasmi dari segala kotoran dan mengusir roh jahat
  • Berfungsi sebagai saksi dari suatu upacara

Api yang muncul saat dupa dibakar ini memiliki peranan yang bernilai dalam upacara keagamaan agama Hindu. Dalam upacara agama Hindu, biasanya akan dimulai dengan menyalakan api, baik api yang ada dalam diri sendiri maupun api dalam artian biasa.

Api ini tidak hanya dipakai selaku persembahan saja, melainkan sifat-sifat didalamnya ini menjadikan api sebagai peranan penting dalam upacara. Panas dari api ini meresap ke segala penjuru baik di air, tanah, udara, tumbuh-tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Dan asapnya terangkat melayang ke angkasa dengan mengeluarkan sinar putih berkilauan ke segala penjuru mata angin.

Dalam Hindu, api ini menjadi penggunakan tradisi yang bersumber dari kitab suci Hindu. Dalam kitab suci Hindu, api memiliki peranan sebagai berikut:

  • Api berperan sebagai pengantar upacara dan penghubung manusia dengan brahman
  • Api berperan sebagai Dewa Agni yang mengusir raksasa dan membakar habis semua mala petaka dan dijadikannya suci
  • Hanya api yang berperan memimpin upacara yajna yang sejati menurut kitab weda

Makna dupa dalam persembahyangan agama Hindu sangatlah penting. Setiap orang tentu mengetahui bahwa dalam persembahyangan agama hindu selalu ada dupa. Lantas apa makna dupa dalam agama hindu?Perlu anda ketahui bahwa dupa berasal dari kata “wisma” yang artinya adalah alam semesta yang menyala dan asapnya bergerak ke atas dan pelan-pelan menyatu dengan angkasa.

Dan hal inilah yang dikatakan bahwa dupa bermakna sebagai lambang penuntun bagi umat hindu yang melakukan sembahyang agar menghidupkan api dalam dirinya dan menggerakkannya menuju persatuan dengan Sang Hyang Widhi seperti yang diibaratkan dengan dupa yang asapnya menyatu dengan angkasa.

Itulah pembahasan mengenai makna dupa dalam hindu. Dengan ini sudah jelas bahwa dupa bermakna sebagai lambang pertemuan antara umat dengan tuhannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua umat hindu.