Makna Buah Dalam Agama Hindu

42

Dalam upacara keagamaan umat Hindu, banyak persiapan yang perlu dilakukan seperti menyediakan perlengkapan persembahan dan lain sebagainya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa dalam kegiatan upacara selalu ada persembahan berupa buah-buahan. Secara ilmiah buah-buahan memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun apa manfaat buah-buahan dalam upcara umat Hindu?

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai makna buah-buahan dalam agama Hindu. Namun sebelum itu mari simak penjelasan berikut.

Buah-buahan merupakan makanan yang biasa dikonsumsi para leluhur untuk menerapkan hidup sehat. Banyak orang mengetahui, mungkin persembahan buah-buahan dalam upacara hanya dianggap sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi yang sudah melimpahkan banyak rahmat ke kita.

Lebih dari itu, persembahan buah-buahan ini justru sangat bermakna jika kita para umat memaknai buah-buahan dari segi cara hidup sehatnya. Tujuan dengan adanya persembahan buah-buahan ini adalah untuk mengungkapkan rasa puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-nya.

Namun, dibalik itu semua ada hal yang jauh lebih bermakna dari persembahan buah-buahan. Kita semua tahu buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan demikian, dengan menyediakan persembahan buah-buahan otomatis kita sudah menerapkan hidup sehat seperti para leluhur kita. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan buah-buahan yang kita jadikan persembahan setelah dilakukannya upacara akan dikonsumsi bersama dan bukannya dibuang. Bahkan buah-buahan ini tidak hanya untuk yang mengikuti upacara saja, melainkan bisa dibagikan ke orang lain. Dengan demikian secara tidak sadar kita juga sama halnya berbagi dengan orang lain.

Selain itu, sebelum melakukan upacara baik kita, orang tua kita, atau keluarga lainnya tentu akan membeli buah-buahan untuk upacara tanpa adanya paksaan. Bahkan bagi orang yang tidak mampu sekalipun untuk melakukan persembahan akan membeli buah-buahan semampunya untuk dibawa ke pura-pura baik merajan maupun kahyangan tiga dan pura lainnya.

Dalam veda juga disebutkan di dalam sloka bahwa buah-buahan atau makanan apa yang disukai hendaklah dipersembahkan. Dan sebelum dimakan sebaiknya dipersembahkan terlebih dahulu. Mungkin sebagian orang mengetahui isi sloka tersebut di dalam Veda.

Buah yang biasa dipakai dalam persembahan adalah buah yang kita sukai seperti baik buah apel, jeruk dan lain sebagainya. Namun dalam persembahan biasanya menggunakan buah pisang. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pisang memiliki nilai gizi yang tinggi dan kaya akan manfaat.

Yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan adalah kita harus melaksanakan persembahan dan upacara dengan kusyuk dan mengucap banyak rasa syukur kepada Sang Hyang WIdhi karena telah memberikan rahmat dan karunia yang tidak terhingga.

Itulah pembahasan mengenai makna buah-buahan dalam agama hindu, semoga bermanfaat!