M Taufik: Para Kandidat Wagub DKI Berkompeten

17

Jakarta, 20 Desember 2020 – Berita terupdate tentang kepemimpinan Jakarta memang semakin banyak menjadi sorotan. Tidak hanya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saja tetapi juga tentang wakil gubernur. Selama ini, kita ketahui bahwa Wakil Gubernur yang sebelumnya dijabat oleh Sandiaga Uno sekarang masih kosong. Lalu, siapakah yang akan menggantikannya?

Saat ini, berita terakhir menyatakan bahwa ada dua kandidat untuk menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta yaitu M Taufik pun memberikan keterangannya. Kedua calon tersebut sudah sangat mumpuni dan mampu mencapai kompetensi untuk menjadi wakil dari Anies Baswedan.

Siapakah nama dari kedua calon tersebut? Sebelumnya, dikenal nama Ahmad Syaikhu serta Agung Yuliantono. Kedua calon tersebut sudah menjalankan fit and proper test serta kunjungan yang bersifat politik ke beberapa fraksi sebelumnya.

Namun, siapa sangka, kejutan politik memang selalu menarik. Kedua nama tersebut pada akhirnya bukan menjadi bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Karena yang keluar sebagai calon adalah Ahmad Riza Patria serta Nurmansyah Lubis. Keduanya sudah mendapat restu dari dua partai pengusung yaitu PKS serta Gerindra.

Setelah kedua nama tersebut sudah disetujui, Taufik menjelaskan bahwa prosedur selanjutnya adalah mengirimkan surat pada Anies Baswedan. Adapun surat tersebut memuat rekomendasi dari nama bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Selanjutnya, Anies akan memberikan surat rekomendasi ke DPRD yang terus menuju Panitia Pemilih atau Panlih. Rencananya, pemilihan akan dilaksanakan pada Februari 2020 jika tidak ada halangan. Hal berikutnya yang akan dilakukan adalah menetapkan jadwalk pemilihan paripurna.

Persiapan-persiapan tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu dekat yakni sekitar awal bulan februari 2020 ini. PKS sendiri mengusulkan nama Nurmansyah Lubis sebagai calon wakil gubernur pendamping Anies Baswedan. Satu nama lainnya adalah Riza Patria yang didukung oleh partai Gerindra.

Surat yang berisi tentang pencalonan kedua orang tersebut sebagai wakil gubernur telah ditandatangani oleh pihak PKS maupun Gerindra. Langkah berikutnya adalah menunjukkan pada Gubernur mengenai hal ini.

Pihak yang memberikan tandatangan mengenai pencalonan  wakil Gubernur antara lain adalah Prabowo Subianto yang memiliki Jabatan sebagai Ketua Umum Partai Gerindra serta Ahmad Muzani, beliau adalah Sekjen Gerindra. Di pihak PKS ada Presiden mereka yaitu Sohibul Imam dan juga Sekjennya yang bernama Mustafa Kamal.

Para pejabat lainnya yang turut memberikan tandatangan adalah ketua DPD Gerindra DKI Jakarta yakni M taufik dan Sekkretaris DPD Gerindra DKI Jakarta Husni Thamrin. Pihak PKS diwakili oleh Ketua DPW yakni Sakhir Purnomo dan juga Sekretarisnya yang bernama Agung Yulianto.