Lintasan Basah, Gasly Tunjukkan Taring di FP2 F1 Hongaria

7

Usai diguyur hujan pada Jumat (2/8/2019) kemarin, sesi FP2 F1 di Hungaria dilangsungkan. Di lintasan yang basah terlihat beberapa pembalap turun ke sirkuit. Beberapa diantaranya terlihat mengganti ban mereka dengan intermediate untuk menghindari slip atau tergelincir. Di awal sesi, semua pembalap terlihat baik-baik saja, tidak ada kendala berarti. Masalah baru terlihat setelah beberapa menit sesi berlangsung dan memberikan kejutan pada penonton yang menyaksikan balapan ini.

Alexander Albon tiba-tiba mengalami crash di tengah sesi FP2 yang mengejutkan banyak orang. Terpaksa bendera dikibarkan untuk dapat menarik mobil pembalap itu. Kejadian tak mengenakan itu dialami Albon di putaran ke-14. Mobil sang pembalap terlihat berputar beberapa kali dan terpelintir pas di tikungan sirkuit. Hal tersebut membuat dirinya harus menarik diri dari arena balapan, karena tak bisa melanjutkannya.

Setelah penarikan mobil Albon keluar lintasan, balapan tetap dilanjutkan. Terlihat beberapa pembalap mulai menggeber lagi mobil mereka. Lintasan yang licin masih menjadi kendala tersendiri bagi banyak pembalap. Apalagi di tengah balapan hujan mulai turun mengguyur arena lintasan di sirkuit Hungaria. Mau tak mau beberapa pembalap harus mengambil tindakan segera supaya tak mengalami nasib naas seperti Albon.

Beberapa pembalap terlihat kembali ke paddock masing-masing dan tak menyelesaikan sesi FP2. Walaupun suasana tak cukup mendukung, para pembalap andalan tetap bertahan di lintasan. Hingga akhir sesi, Pierre Gasly benar-benar menunjukkan taringnya. Pembalap dari tim Red Bull tersebut mampu menyelesaikan sesi balapan dengan waktu tercepat. Ia berhasil meraih pole position pada sesi balapan dengan waktu 1 menit 17,854 detik.

Sementara itu, pembalap Red Bull lainnya, Max Verstappen menyusul di posisi kedua. Diikuti oleh Lewis Hamilton yang finish di urutan ketiga. Dari sesi kemarin terlihat banyak sekali pembalap yang susah mengontrol laju mobil di sirkuit. Dengan penggunaan ban intermediate, pergerakan mereka kian sulit dikendalikan. Beberapa pembalap harus mengurangi laju kecepatan untuk menghindari tergelincir di lintasan yang sangat licin.

Walaupun sesi FP2 F1 Hungaria ditutup dengan hasil memuaskan dari Gasly, tapi hasil berbeda harus dirasakan oleh dua pembalap dari Ferrari. Charles Leclerc dan Sebastian Vettel benar-benar memperlihatkan performa terburuk mereka sepanjang aksi. Saat finish pun, keduanya tertinggal jauh dari Gasly dan Hamilton. Leclerc berhasil meraih posisi ke-7 sementara Vettel di posisi ke-13. Mereka tertinggal jauh dari lawan-lawan lainnya di F1. Bagi Hamilton sendiri, sesi FP2 F1 kemarin tentu bukan hasil yang memuaskan.