Lezatnya Soto Madura

39

Soto adalah makanan yang sudah tidak asing lagi bagi lidah masyarakat Indonesia. Hampir seluruh wilayahnya Nusantara memiliki masakan berkuah gurih nan lezat ini. Begitupun dengan pulau Madura. Selain terkenal dengan kuliner satenya, Madura juga memiliki kuliner soto yang tidak kalah nikmatnya dengan soto-soto lain yang terdapat di wilayah Indonesia.

Meskipun sama-sama memiliki nama soto tentunya saja cita rasa soto Madura memiliki ciri khas tersendiri. Memang dari segi bumbu dan tampilannya tidak banyak perbedaan dengan daerah lainnya. Bumbu-bumbu yang dipakai dalam soto Madura diantaranya terdiri dari bawang merah, kunyit, ketumbar, merica, Laos dan jahe.

Karena tidak menggunakan santan ataupun kemiri maka kuah dari soto Madura ini warnanya bening. Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat soto Madura adalah daging sapi. Akan tetapi daging ayam juga bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat soto ayam Madura.
Dari segi isian, soto Madura ada beberapa perbedaan dengan daerah lainnya.

Isian dari soto Madura ini selain sohun, ada tambahan lain seperti gimbel dan kecambah goreng. Jika ditempat lain kecambah biasanya direbus dulu lalu dimasukkan ke soto. Tetapi di Madura kecambah tidak direbus melainkan digoreng. Oleh karenanya, supaya kecambahnya tidak lembek saat digoreng maka dipilih kecambah yang baru tumbuh akarnya.

Sedangkan gimbel ini sejenis bakwan goreng, tetapi bedanya ini hanya menggunakan kecambah yang dicampur dengan adonan tepung terigu. Namun adapula yang membuat gimbal dengan bahan seperti membuat bakwan yakni ditambahkan sayuran dan juga wortel. Untuk bumbunya bawang merah, bawang putih dan merica.

Selanjutnya adonan tadi digoreng. Gimbel saat disajikan diiris kecil-kecil. Sedangkan untuk tambahan lain seperti kentang goreng bisa diganti dengan keripik ketela. Keripik ketela ini diremas-remas sebelum dimasukkan kedalam soto. Meskipun keras, setelah tersiram kuah soto keripik tersebut akan lembek.

Sehingga mudah untuk dikunyah. Soto Madura ini biasa disantap dengan lontong. Namun demikian, disantap dengan nasi juga tidak kalah nikmatnya. Penyajian soto Madura, pertama masukkan irisan lontong selanjutnya tambahkan sohun, kecambah goreng, irisan gimbal, irisan daging sapi, dan juga keripik ketelanya.

Setelah itu siram dengan kuah soto selanjutnya tambahkan perasan jeruk nipis dan sambalnya. Secara keseluruhan rasa dari soto Madura ini memiliki rasa gurih dan segar. Rasa segar karena perasaan jeruk nipis sedangkan untuk rasa gurihnya didapatkan dari rebusan daging sapi.

Bagi sobat yang sedang berkunjung berkunjung ke Madura. Jangan lupa untuk menikmati soto Madura. Kelezatannya membuat kita ingin kembali menikmatinya.