Lebaran Kok Bokek? Ini Dia 5 Tips Jitu Anti Bokek Saat Lebaran!

29

Menjelang Lebaran, berbagai macam diskon dan potongan harga menjamur dimana-mana. Jika tidak jeli menggunakan THR saat berbelanja keperluan Lebaran, bisa-bisa kantong jebol sebelum Lebaran tiba. Berikut ini adalah beberapa tips jitu anti bokek saat Lebaran yang bisa kamu coba:

1. Buat Anggaran

Hal paling penting saat kamu sudah menerima THR adalah membuat anggaran. Jangan berbelanja tanpa anggaran. Buatlah anggaran dimana kamu menjatah setiap kebutuhan Lebaran sesuai dengan porsinya masing-masing.

Misalnya saja, kamu mengalokasikan 500 ribu rupiah untuk keperluan pakaian, 800 ribu rupiah untuk amplop Lebaran, atau 500 ribu rupiah untuk kue Lebaran. Setiap pos disesuaikan dengan jumlah THR yang kamu miliki dan jangan lupa sisakan juga untuk tabungan kamu.

2. Belanja Sejak Awal

Kebanyakan orang menunggu diskon dan potongan harga muncul untuk berbelanja, padahal semua diskon tersebut sudah di-mark up harganya terlebih dahulu sehingga kamu tetap saja membeli dengan harga yang biasanya ditawarkan. Harga akan semakin mahal jika hari Lebaran semakin dekat.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa melakukan belanja sejak awal. Jika kamu belum mendapatkan THR, kamu bisa menggunakan uang tabungan kamu terlebih dahulu lalu menggantinya setelah mendapatkan THR.

3. Bandingkan Harga

Jangan terpaku pada satu toko saja. Jika kamu ingin mendapatkan barang dengan harga yang terjangkau, maka bandingkan harga barang tersebut pada beberapa toko. Kadang kamu bisa mendapatkan selisih sekitar 5 ribu hingga 50 ribu rupiah setiap barangnya. Kamu bisa mendapatkan banyak barang dengan sisa uang yang bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya.

4. Jangan Terpaku Pada Gengsi

Kebanyakan orang membeli barang atau baju baru hanya karena gengsi. Gengsi inilah yang menyebabkan kita menjadi lebih boros. Kamu yang sebenarnya tidak memerlukan baju baru jadi harus membeli hanya karena gengsi. Jadilah diri sendiri dalam setiap kesempatan. Jangan memaksakan diri mengikuti apa yang orang katakan.

5. Jangan Tergoda Diskon

Jika kamu sudah berbelanja di awal waktu, maka persiapkan diri untuk menahan selera dari diskon yang banyak bertebaran menjelang Lebaran. Ingatlah kamu sudah memiliki anggaran yang harus dipatuhi. Meskipun diskon yang beredar begitu menggiurkan, tapi percayalah bahwa itu hanya jebakan setan untuk membuat kamu semakin boros.

Itulah beberapa tips anti bokek di saat Lebaran tiba. Ingatlah untuk selalu tegas dalam menjalankan anggaran yang telah kamu persiapkan dan ingat bahwa Lebaran adalah momen silaturahmi bukan ajang gengsi.