Lalai Menjaga Buah Hatinya, 2 Insiden Berikut Patut Jadi Perhatian Orang Tua!

10

Baru-baru ini kita disajikan dengan berita tentang dua orang bocah kecil yang mengalami cidera ketika bepergian keluar rumah bersama keluarganya. satu di antaranya bahkan tak tertolong lagi.

Beberapa waktu yang lalu di sebuah pusat perbelanjaan modern di kota Batam, terjadi peristiwa yang sangat memilukan. Seorang bocah kecil yang baru berusia 6 tahun, terjepit di tangga eskalator. Beruntung tangga berjalan itu secara otomatis langsung berhenti. Isak tangis sang Anak tak terbendung mendapati ibu jari kakinya yang tersangkut di salah satu anak tangga itu.

Padahal, ia berada di dekat ibunya. Seluruh pegawai mall dan para pengunjung berusaha untuk menolong sang bocah, dan sang ibu terus berusaha menenangkan anaknya agar tidak menangis. Beruntung petugas segera bertindak dan menyelamatkan anak malang itu. Sempat ibu jari sang anak robek, kemudian ia dilarikan ke ruangan petugas keamanan mall untuk diobati.

Peristiwa memilukan kedua dan ini sangat menyedihkan sekali. Sang anak bahkan tak tertolong. Peristiwa terjadi beberapa hari yang lalu, tepatnya di pelabuhan Tanjung Api-api, Palembang. Ketika seorang bocah kecil yang baru berusia 3 tahun, jatuh ke dalam lubang paku bumi yang sangat dalam. Ia yang lepas dari pengawasan pamannya, bermain di sekitar lubang paku bumi yang tidak diberi penghalang atau batas. Hingga sang bocah malang itu terjatuh.

Saat tim penyelamat datang, personil tak bisa masuk turun ke dalam lubang, dikarenakan lubang itu sangat kecil dan tidak memungkinkan seseorang untuk turun ke bawah. Alhasil, sang anak coba ditarik dengan menggunakan pengait besi. Walau berhasil terangkat ke atas, namun ia sudah tak sadarkan diri dan saat di rumah sakit sudah dalam kondisi kritis, sehingga nyawanya tak tertolong lagi.

Dua peristiwa malang yang baru saja terjadi ini menjelaskan, bahwa hilangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya, dapat berakibat fatal sekali. Untuk itu, ketika Anda ingin mengajak anak Anda untuk keluar rumah, mengunjungi pusat keramaian atau ranah publik lainnya, diingatkan untuk selalu waspada. Sedetik pun jangan pernah lepaskan pengawasan Anda. Karena hal fatal seperti di atas, dapat saja terjadi pada siapa saja.

Anak yang masih kecil, terlebih anak-anak yang masih dalam usia di bawah umur, belum beranjak remaja, sangat membutuhkan pengawasan intens dari keluarganya, terlebih dari ayah dan ibu mereka. Untuk itu, berhati-hatilah, saat mengajak anak Anda keluar rumah. Pilihlah lokasi-lokasi yang aman dan nyaman bagi anak Anda.

Ketika Anda diharuskan untuk mengajak mereka ke pusat perbelanjaan, maka ingatlah selalu untuk memegangi tangannya ketika menaiki eskalator, jangan dibiarkan ia berjalan sendiri. Demikian juga, jika Anda harus ke dermaga atau pelabuhan, berusaha untuk membuat anak Anda selalu berada duduk dan bermain di samping Anda. Agar kejadian yang sama seperti di Tanjung Api-api, tidak terulang kembali.