Lakukan Hal Ini agar Tumbuh Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tahan Banting

41

Untuk menjadi sosok yang kuat menghadapi segala cobaan memanglah tidak muda. Sering kali terjatuh dan merasa ingin putus asa saat menghadapi masalah sudah menjadi asam garam kehidupan. Terlebih ketika hati sedang dilanda sedih, dan disakiti. Serasa dunia memang benar-benar menguji kesabaran hati.

Namun tidak sepenuhnya kamu harus terus-terusan bersedih dan mengalah dengan keadaan, lakukan hal ini agar kamu tidak mudah patah dan terus bangkit untuk meneruskan sisa waktumu dengan baik:

  • Menjadi manusia “bodo amat” saat ada yang mencacimu

Seringkali, kita melakukan tindakan yang kita anggap baik namun mendapat cacian orang lain. Dikarenakan dia memang iri dengan kita, atau hanya sejenak ingin mengurus hidup kita. Menyebalkan memang. Tapi, kamu tidak perlu memasukannya kedalam hati. Dan memikirkannya sepanjang hari agar bisa berubah dan membuat orang yang mencacimu berhenti membencimu. Itu akan merugikan dirimu sendir. Itu sebabnya, perlu kamu sedikit “bodo amat” dengan mereka yang menilai kamu sesuka hatinya Karena kita hidup bukan untuk dinilai bukan?

  • Selalu memaafkan dan tidak dendam sedikit pun kepada mereka yang berulang kali menguji kesabaranmu

“Kamu tidak bisa membuat semua orang selalu menyukaimu. Tapi kamu bisa menyukai orang yang membencimu”

Mungkin ungkapan ini terbilang berat dan amat menyebalkan. Bagaimana mungkin kamu harus mencintai orang yang berulang kali menyakitiki hatimu. Tapi percayalah, jika kamu mencobanya akan mudah kok. Bukannya musuh semakin bertambah, justru dia yang selama ini menganggapmu musuh akan malu dengan sendirinya karena kebaikanmu. dan lambat laun dia akan tersadar bahwa menbencimu adalah hal salah yang ia lakukan.

  • Selalu optimis, dan meyakinkan diri bahwa semua ujian yang kamu hadapi akan membaik seiring waktu

Ketika sedang merasa berat dengan semua ujian yang kamu hadapi. Seperti di pecat kerja, kebutuhan finansial mendesak, atau disakiti mantan kekasih. Kamu tak perlu berlarut-larut dalam kesedihan. Itu akan merugikanmu dan membuat keadaan semakin berat. Kamu harus menopang dirimu sendiri agar tetap tegar dengan segala keadaan. Tanamkan pemikiran optimis yang kuat dalam hatimu, yakin bahwa semua ujian yang kamu hadapi akan membaik seiring waktu.

Bukankah Tuhan menguji hambanya sesuai dengan kemampuannya masing-masing?