Lakukan 6 Perawatan Mobil Setelah Menerjang Banjir Berikut Ini, Dijamin Aman!

11

Bagi anda pemilik mobil, tentu anda tidak akan selalu dalam lintasan yang baik, terkadang anda harus melewati jalanan bagus, berbatu, bergelombang, berbelok, genangan air dan lain sebagainya. Terlebih di musim hujan, tentu anda akan sering melewati genangan air yang cukup dalam yang disebut dengan banjir.

Banjir memang fenomena alam yang cukup merugikan bagi sebagian banyak orang. Bagaimana tidak, banjir dapat menyebabkan rumah tergenang, peralatan elektronik yang rusak, beberapa ruas jalan tertutup, menimbulkan penyakit dan lain sebagainya.

Jika hendak pergi ke suatu tempat dan terdapat banjir, tentu anda tidak mungkin berputar mencari jalan lain yang memiliki kemungkinan kecil tidak tergenang air karena tentu anda pasti menerjang lintasan banjir tersebut.

Akan tetapi, dalam melintasi genangan banjir, tentu akan ada beberapa risiko yang mungkin anda dapatkan seperti adanya beberapa kerusakan mobil. Itu sebabnya banyak pemilik kendaraan roda empat membawa mobilnya ke bengkel untuk melakukan perawatan setelah menerjang banjir.

Namun, disini anda tidak perlu melakukan perawatan di bengkel karena tentu akan merogoh kocek yang tidak sedikit. Anda bisa mencoba melakukan perawatan mobil anda dirumah seperti tips perawatan mobil setelah menerjang banjir

1. Cabut Stick Oli

Dengan menyabut stick oli maka anda bisa melihat kondisi ujungnya apakah olinya masih bagus atau tidak, jika masih bagus maka bisa dikatakan mobil anda masih dalam kondisi normal. Namun, jika oli anda terlihat tidak bagus maka anda harus merogoh kocek untuk membeli oli baru.

2. Cek Kondisi Soket Elektrikal

Mengecek kondisi soket elektrikal dapat dilakukan dengan cara mencabut terminal negatif pada baterai sehingga aliran arus mengecil dan anda bisa mengamati apakah terkena air atau tidak.

3. Cek Kondisi Fuse Block

Kemudian anda juga harus mengecek kondisi fuse block yang terdapat di pinggir ruang mesin kiri atau kanan sesuai jenis kendaraan anda. Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yang pertama dengan manual yakni mencabut fuse block yang tersambung di beberapa mesin mobil. Kemudian cara kedua dengan menggunakan test lamp atau voltmeter yakni menyambungkan terminal baterai serta memasang capit tester menuju terminal negatif baterai.

4. Mengecek Filter Udara

Perlu anda ketahui bahwa filter udara harus diganti secara berkala, terlebih jika telah menerjang banjir karena bisa jadi ada kontaminasi air. Mengecek filter udara bisa dilakukan dengan membuka kotaknya dan cek apakah kondisinya kering atau basah, jika basah itu artinya sudah terkontaminasi air.

5. Mengatur Dinamo

Kemudian anda perlu mengatur dinamo agar menghilangkan pengaruh dari air banjir yang masuk ke bagian mobil anda. Karena dinamo yang terkena air akan mengganggu kinerja mobil anda.

6. Ganti Radiator

Ini memang tidak begitu penting hanya saja jika dibiarkan terkena air banjir akan mempengaruhi performa mobil anda. Untuk itu ganti kisi radiator anda bila ada kotoran yang terbawa arus banjir.

Itulah tips perawatan mobil setelah menerjang banjir yang bisa anda coba sendiri dirumah.