Ladies, Berikut Hadits Tentang Wanita Penghuni Surga yang Bisa Kamu Terapkan!

24

Menjadi penghuni surga adalah impian bagi seluruh muslim di dunia. Semua orang yang beriman selalu berlomba – lomba untuk bisa berbuat kebaikan di dunia dan mengumpulkan pahala sebanyak – banyaknya sebelum ia dipanggil kembali oleh-Nya.

Terlebih untuk wanita yang Allah Subhanahu wa ta’ala janjikan sendiri kriteria wanita seperti apa yang bisa menjadi penghuni syurga dan abadi di dalamnya.

Ketika kita terlahir sebagai wanita, tentu amalan dan pahala yang bisa didapat oleh seorang wanita berbeda dengan pria. Secara keseluruhan, Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberi banyak kemudahan terhadap wanita. 

Allah Subhanahu wa ta’ala menjanjikan surga bagi seluruh wanita dengan segala kemudahan di dalamnya. Bagi wanita yang melahirkan, yang memakai jilbab, yang menaati perintah-Nya, bahkan surga diletakkan di bawah kaki mereka, para wanita yang bekerja keras mendidik anaknya secara islami.

Di dalam Al – Qur’an juga Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman mengenai kenikmatan surga milik-Nya :

Orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk Surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam Surga kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian. Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda dengan membawa gelas, cerek, dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (QS. Al Waqiah : 10-21)

Berikut ini beberapa hadits mengenai wanita penghuni surga. Simak selengkapnya dibawah ini.

Taat Perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Hadits yang pertama mengenai bagaimana seorang hamba harus berlaku taat dan tunduk kepada perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Salah satunya dengan mengerjakan shalat lima waktu. Dalam salah satu hadits, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda :

Jika seorang istri mengerjakan shalat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya, “Masuklah ke surga.” (HR. Ahmad)

Di  hadits lain juga menyebutkan dimana Rasulullah bersabda :

Seandainya salah seorang wanita penduduk surga menengok penduduk bumi niscaya dia akan menyinari antara keduanya (penduduk surga dan penduduk bumi) dan akan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah dari kerudung wanita surga yang ada dikepalanya itu lebih baik daripada dunia dan isinya.” (HR.Bukhari dari Anas bin Malik RA)”

Taat Pada Suami

Hadits yang kedua menjelaskan tentang bagaimana salah satu ciri wanita penghuni surga adalah mereka yang taat kepada suami – suami mereka. 

Dalam hadits, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam bersabda :

“Apabila seorang wanita (isteri) itu telah melakukan shalat lima waktu, puasa bulan Ramadan, menjaga kehormatan dirinya dan mentaati perintah suaminya, maka ia di akhirat akan masuk syurga lewat pintu mana pun yang ia suka (mengikut pilihannya). “(Hadits Riwayat Ahmad, Ibnu Hibban

Nah demikian beberapa hadits tentang wanita penghuni surga. Semoga kita termasuk didalamnya. Aamiin