Kuliner Jakarta yang wajib kamu icip-icip

68

Jakarta adalah ibu kota negara pertiwi, ya Indonesia raya. Kalau sahabat dori mendengar kata Jakarta apa yang terlintas di pikiran sahabat dori ? wisata, bangunan kota, tempat hangout, banjir, panas, busway, dan lainnya. Tapi di balik itu semua ada beberapa poin menarik lho ? poin menariknya adalah makanan khas yang ada di Jakarta.

  • Gado-gado

Gado-gado, makanan khas Jakarta ini berbahan dasar dari beberapa sayur seperti kangkung, tauge, kol, kacang pancang kemudian diaduk dengan racikan bumbu kacang yang dikasih jeruk nipis, dan asam sedikit kemudian disajikan dengan bawang goring dan kerupuk ini bisa kita jumpai di berbagai sudut kota Jakarta lho sahabat dori.

  • Ketoprak

Makanan berbahan dasar ketupat, bihun, tauge dan ulekan bumbu kacang ini rasanya nampol banget bagi para pecintanya. Bagaimana tidak, ulekan bumbu kacang yang menyatu dalam bihun ini rasanya beitu leleh banget di lidah. Buat kamu yang belum pernah coba.yuk icip-icip atau bisa bikin sendiri.

  • Nasi uduk

Biasanya makanan ini jadi menu paling dicari ketika pagi datang, biasanya makanan ini dijadikan sarapan wajib(bagi para penikmatnya). Nasi uduk ini biasanya disajikan dengan bihun, bawang goreng, tempe orek, sambal (kacang/terasi), semur (tahu/telur), dan kerupuk. Rasanya? jangan ditanya nampol mode on lho.

  • Asinan

Denger kata asinan, apa yang akan muncul dalam lah pikir kalian? Buahnya?rasanya yang segar, pedes ? iyap semua sensasi itu bisa berolah menjadi satu dalam lidah kamu ketika kamu mencicipinya lho. Asinan biasanya dijual di beberapa pinggir jalan dengan gerobak yang mangkal.

Buah yang dijadikan asinan biasanya, jambu merah yang masih mengkel, beng koang, nanas, jambu air, boni, kedondong, mangga muda dan timun. Biasanya asinan paling enak banget dinikmatin pas lagi cuaca panas siag-siang. Buat kamu yang penasaran sama rasanya bisa beli atau buka channel youtube kemudian searching asinan buah.

  • Karedok

Karedok hampir sama dengan pecelnya orang jawa timura. Bedanya sensasi karedok lebih segar dan lebih pedas. Karedok biasanya disajikan pada acara-acara tertentu, seperti acara hajatan nikahan, sunatan.

Nah, sahabat dori buat kamu yang mau jalan-jalan ke Jakarta bisa nih beberapa menu makanan di atas di list. Atau buat kamu yang penasaran rasanya gimana dan pengen nyoba bikin sendiri, monggo silahkan searching di google ataupun buka channel youtube.