KPU Serahkan Berkas PHPU ke MK Pagi Ini: Tunggu Hasilnya

9

Rabu pagi (12/6) terlihat kesibukan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Anggota KPU  diketahui membawa puluhan boks masuk ke dalam gedung. Puluhan boks tersebut berisi alat bukti PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) 2019. Boks-boks berisi dokumen hasil pemilu dari dalam kontainer akan dijadikan alat bukti di dalam persidangan. Seluruh boks langsung dibawa dari Jalan Medan Merdeka ke gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Semua berkas yang diserahkan oleh KPU dikatakan oleh Andi Rosjadi sebagai jawaban atas sengketa pemilu pada April lalu. Nantinya berkas-berkas tersebut akan menjadi alat bukti di persidangan atas gugatan pasangan calon 02 dan para pendukungnya. Sidang sendiri rencananya akan digelar pada tanggal 14 Juni mendatang.

Pengajuan banding ke MK oleh pasangan calon 02 dan partai politik pendukungnya merupakan bentuk ketidakpuasan atas hasil pemilu pada April lalu. Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) sendiri masih terpantau aman dan terkendali sampai hari ini. Belum terlihat adanya massa dari salah satu pasangan calon yang mendatangi gedung MK.

Dokumen yang ada diklasifikasikan berdasarkan setiap daerah pemilihan. Adapun berkas-berkas pemilihan umum diketahui berasal dari lima provinsi di Indonesia. Kelima provinsi tersebut adalah Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Gorontalo. Andi Rosjadi, kepala Sub Bagian Distribusi Sarana dan Prasarana Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa ini masih sebagian alat bukti.

Nantinya akan diajukan beberapa alat bukti serta berkas tambahan dari daerah berbeda. KPU (Komisi Pemilihan Umum) menegaskan adanya alat bukti susulan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Tidak ada penjagaan ketat yang terlihat menjelang hari persidangan. Sejumlah anggota kepolisian terlihat menjaga di pintu masuk dan keluar gedung MK. Penjagaan ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak beberapa minggu silam. Kawat berduri juga telah dipasang sebagai tindakan preventif menjelang persidangan.

Belum terlihat adanya penambahan personel polisi yang menjaga gedung MK hingga pagi hari ini. Hanya terlihat anggota KPU yang hilir mudik membawa boks berisi alat bukti untuk persidangan Kamis mendatang.

Sumber : cnnindonesia.com