Kota Semarang Menjadi Kota Wisata Terbersih SeAsean

37

Semarang, apa yang ada di pikiran kalian mendengar kota yang satu ini? “Lawang Sewu”, “Kota Lumpia”, “Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah”.

Iya semua julukan tersebut benar adanya, tapi tahukah kamu baru-baru ini kota Semarang dinobatkan sebagai kota wisata terbersih di Asia Tenggara dalam ajang ASEAN Tourism Forum (AFM) tahun 2020.

Penghargaan ini diberikan oleh Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) pada tanggal 16 Januari 2020 di Brunei Darussalam. Penghargaan ini akan disematkan dua tahun ke depan.

Indriyasari, selaku kepala dinas kebudayaan dan pariwisata kota Semarang menjadi orang yang sangat gembira mendengar kabar tersebut. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oleh warga Semarang sendiri ternyata memberikan pengaruh yang positif dan mendapatkan apresiasi dari pihak luar ATF.

Menurut Indriyasari, untuk mendapatkan nominasi ini sangat membutuhkan usaha yang panjang mengingat banyaknya aspek yang dinilai. Selain itu, penilaian ini bukan hanya dilakukan pada tahun ini saja, melainkan juga pernah dilakukan penilaian beberapa tahun ke belakang dan Semarang belum mampu mendapat nominasi kota wisata terbersih se-Asean.

Bagi warga Semarang, penghargaan ini menjadi tantangan dan pekerjaan rumah yang sangat berat karena untuk mempertahankan penghargaan ini lebih sulit daripada mendapatkan.

Tak mau penghargaan ini direbut kota lain atau bahkan negara lain, Disbudpar kota Semarang saat ini melakukan beberapa langkah bersama 4P, yaitu pemerintah, pewarta, pengusaha dan penduduk untuk berkomitmen menjaga kebersihan di kota Semarang sesuai yang diarahkan bapak walikota untuk menjaga kebersihan tersebut.

Dengan adanya penghargaan ini, para aparatur pemerintah kota Semarang juga berharap kota Semarang dapat menjadi kota wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung lokal maupun luar negeri untuk berkunjung ke kota ini.

Wah salut ya, salah satu kota yang menjadi bagian negara Indonesia mendapatkan predikat yang sangat membanggakan dan tentunya membuat iri kota lain untuk mendapatkan penghargaan ini. Semoga ke depannya, seluruh kota yang ada di Indonesia juga memiliki prestasi yang sama ya. Semoga menginspirasi untuk kita semua ya dalam membangun dan memperbaiki lingkungan sekitar juga.

Oh iya, perlunya sikap saling membantu satu sama lain dalam mewujudkan impian di sebuah kota juga menjadi PR untuk semua pihak. Artinya semua masalah tersebut tidak bisa dibebankan ke aparatur pemerintah saja, tetapi kita sebagai warga dalam suatu daerah juga memiliki tanggung jawab yang sama.