Korea Utara Juga Punya Girl Band Loh, Tapi …..

68

Siapa bilang North Korea nggak punya hiburan? Walaupun pemimpinnya Kim Jong Un terkenal sangat kaku dan killer, tenyata ada juga loh girl band di Korea Utara. Kamu nggak percaya? Simak ini, yah!

Moranbong atau Moran Hill Orchestra adalah girl band asli Korea Utara yang menampilkan genre pop, rock, dan fusion dari DPRK yang pertama kali debut pada Juli 2012.

Ya, kalau kamu pikir hanya ada girl band dari Korea Selatan seperti SNSD saja, maka kamu salah. Walaupun negara Korea Utara terkenal dengan peraturan yang sadis dan sifat yang kaku, ternyata mereka juga punya dunia hiburan, loh.

Tapi, ada yang berbeda dengan girl band Korea Selatan dan Korea Utara. Moranbong ini tetap diatur oleh negara tentang semua peraturannya, seperti gaya berpakaian mereka yang harus mengenakan army style. Tidak boleh pakaian terlalu pendek atau mencolok. Kenapa? Karena girlband ini dipilih oleh Sang Penguasa Kim Jong Un.

Mereka juga kebanyakan tampil diacara kenegaraan, secara stasiun televisi mereka juga dibatasi. Lalu, lagu-lagu mereka seperti apa? Ya, lagu-lagu yang unsurnya memuja pemimpin mereka.

Baru-baru ini, Moranbong tampil dalam acara Winter Olympics Korea Selatan 2018. Hal ini pun menjadi viral dan banyak orang yang masih tidak percaya jika masih ada hiburan di Korea Utara seperti ini. Ya, walaupun mereka tidak bisa bebas berekspresi.

Yuk, liat penampilan Moranbong berikut ini! Mungkin kamu akan jatuh cinta!